Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makin Lengkap! Jokowi Resmikan Pelabuhan dan 2 Kapal Feri di Danau Toba

Presiden Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Penyeberangan Ajibata serta dua kapal penyeberangan KMP Pora-Pora dan KMP Kaldera Toba, Sumatra Utara.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 02 Februari 2022  |  18:23 WIB
Makin Lengkap! Jokowi Resmikan Pelabuhan dan 2 Kapal Feri di Danau Toba
Presiden Jokowi disambut prosesi adat Batak dalam kunjungan kerja di Sumut, Rabu (2/2/2022) - BPMI Setpres - Laily Rachev.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Penyeberangan Ajibata serta dua kapal penyeberangan KMP Pora-Pora dan KMP Kaldera Toba untuk mensukseskan program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatra Utara.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan dua kapal ini melengkapi layanan kapal feri yang telah hadir sebelumnya yaitu KMP Ihan Batak di Kawasan Danau Toba.

"Selain kapal feri, Presiden Jokowi juga meresmikan dua unit Bus Air yang dibangun Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub yakni KM Asa-Asa dan KM Jurung-Jurung," ujarnya, Rabu (2/2/2022).

Dia menyebut, dalam rangka mendukung KSPN Danau Toba, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membangun sebanyak 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di tujuh kabupaten di Provinsi Sumatra Utara.

Ketigabelas pelabuhan tersebut meliputi Kabupaten Toba (4 pelabuhan), Kab. Samosir (4 pelabuhan), Kab. Simalungun (1 pelabuhan), Kab. Tapanuli Utara (1 pelabuhan), Kab. Humbang Hasundutan (1 pelabuhan), Kab. Karo (1 pelabuhan), dan Kab. Dairi (1 pelabuhan).

Adapun tujuh diantaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan.

"Pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan yaitu Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige, Simanindo, Tigaras, Muara, Baktiraja, dan Tongging," ucapnya.

Sementara itu, lanjut Shelvy, pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun yaitu Pelabuhan Penyeberangan Silalahi, Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan, Sigapiton, dan Porsea.

Dia menambahkan pelabuhan-pelabuhan penyeberangan tersebut dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba. Keberadaan pelabuhan-pelabuhan tersebut diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya.

“Untuk itulah ASDP siap mendukung KSPN dengan mengoperasikan 3 kapal yang telah dibangun Kemenhub, yakni armada-armada kapal terbaik yang akan digunakan melayani masyarakat setempat. Sejak tahun lalu, ASDP sudah mengoperasikan KMP Kaldera Toba yang melayani lintasan Muara - Onan Runggu. KMP Pora-pora yang melayani lintasan Balige - Onan Runggu dan KMP Ihan Batak yang melayani Ajibata - Ambarita," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pelabuhan danau toba kapal feri
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top