Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makin Lengkap! Jokowi Resmikan Pelabuhan dan 2 Kapal Feri di Danau Toba

Presiden Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Penyeberangan Ajibata serta dua kapal penyeberangan KMP Pora-Pora dan KMP Kaldera Toba, Sumatra Utara.
Presiden Jokowi disambut prosesi adat Batak dalam kunjungan kerja di Sumut, Rabu (2/2/2022) - BPMI Setpres/Laily Rachev.
Presiden Jokowi disambut prosesi adat Batak dalam kunjungan kerja di Sumut, Rabu (2/2/2022) - BPMI Setpres/Laily Rachev.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Penyeberangan Ajibata serta dua kapal penyeberangan KMP Pora-Pora dan KMP Kaldera Toba untuk mensukseskan program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatra Utara.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan dua kapal ini melengkapi layanan kapal feri yang telah hadir sebelumnya yaitu KMP Ihan Batak di Kawasan Danau Toba.

"Selain kapal feri, Presiden Jokowi juga meresmikan dua unit Bus Air yang dibangun Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub yakni KM Asa-Asa dan KM Jurung-Jurung," ujarnya, Rabu (2/2/2022).

Dia menyebut, dalam rangka mendukung KSPN Danau Toba, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membangun sebanyak 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di tujuh kabupaten di Provinsi Sumatra Utara.

Ketigabelas pelabuhan tersebut meliputi Kabupaten Toba (4 pelabuhan), Kab. Samosir (4 pelabuhan), Kab. Simalungun (1 pelabuhan), Kab. Tapanuli Utara (1 pelabuhan), Kab. Humbang Hasundutan (1 pelabuhan), Kab. Karo (1 pelabuhan), dan Kab. Dairi (1 pelabuhan).

Adapun tujuh diantaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan.

"Pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan yaitu Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige, Simanindo, Tigaras, Muara, Baktiraja, dan Tongging," ucapnya.

Sementara itu, lanjut Shelvy, pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun yaitu Pelabuhan Penyeberangan Silalahi, Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan, Sigapiton, dan Porsea.

Dia menambahkan pelabuhan-pelabuhan penyeberangan tersebut dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba. Keberadaan pelabuhan-pelabuhan tersebut diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya.

“Untuk itulah ASDP siap mendukung KSPN dengan mengoperasikan 3 kapal yang telah dibangun Kemenhub, yakni armada-armada kapal terbaik yang akan digunakan melayani masyarakat setempat. Sejak tahun lalu, ASDP sudah mengoperasikan KMP Kaldera Toba yang melayani lintasan Muara - Onan Runggu. KMP Pora-pora yang melayani lintasan Balige - Onan Runggu dan KMP Ihan Batak yang melayani Ajibata - Ambarita," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper