Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan di Toba Sumut, Ini Daftarnya

Jokowi meresmikan tujuh pelabuhan dan empat kapal motor penyeberangan di Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu (2/2/2022).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 02 Februari 2022  |  17:05 WIB
Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan di Toba Sumut, Ini Daftarnya
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau sekaligus meresmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat di, Kabupaten Simalungun, pada Rabu (2/2 - 2022) / BPMI Setpres
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tujuh pelabuhan dan empat kapal motor penyeberangan di Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu (2/2/2022).

"Hari ini tujuh pelabuhan penyeberangan di kawasan Danau Toba sudah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Jokowi dikutip dari YouTube Setpres, Rabu (2/2/2022).

Adapun, ketujuh pelabuhan penyeberangan tersebut adalah Pelabuhan Penyeberangan Ajibata di Kabupaten Toba, Pelabuhan Penyeberangan Balige di Kabupaten Danau Toba, Pelabuhan Penyeberangan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Penyeberangan Tigaras di Kabupaten Simalungun,

Kemudian, Pelabuhan Penyeberangan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Pelabuhan Penyeberangan Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Pelabuhan Penyeberangan Tongging di Kabupaten Karo.

Jokowi berharap keberadaan pelabuhan-pelabuhan penyeberangan tersebut akan meningkatkan konektivitas antarkecamatan dan antarkabupaten untuk memperlancar aktivitas di kawasan Danau Toba .

Selain pelabuhan penyeberangan, Jokowi menyampaikan bahwa masyarakat juga membutuhkan moda transportasi umum yang bisa dimanfaatkan untuk bepergian.

"Karena itu, hari ini Pemerintah meluncurkan empat kapal motor penyeberangan," ujarnya.

Empat kapal motor penyeberangan itu adalah dua unit Bus Air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora.

Adapun, setiap kapal motor dan bus air tersebut mampu mengangkut sekitar 150 orang dan belasan kendaraan.

"Keberadaan kapal ini sangat penting karena selama ini masyarakat menggunakan kapal rakyat yang standard keselamatannya kurang bisa diandalkan," tuturnya.

Jokowi berharap, dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal-kapal tersebut akan mendukung keberadaan destinasi wisata superprioritas Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pelabuhan sumut toba danau toba
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top