Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Pertimbangan Milenial Saat Membeli Apartemen

Apartemen memiliki potensi kenaikan harga apalagi memiliki lokasi yang strategis dan berdekatan dengan mal.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 27 Januari 2022  |  23:25 WIB
Proyek apartemen The Newton 2.  - Dok. www.newton2/ciputra.com
Proyek apartemen The Newton 2. - Dok. www.newton2/ciputra.com

Bisnis.com, JAKARTA - Apartemen masih menjadi salah satu aset properti yang diminati kalangan milenial. Selain untuk ditempati dengan berbagai fasilitas yang dimiliki, apartemen juga bisa menjadi aset investasi yang menarik.

Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers mengatakan ada beberapa pertimbangan bagi para milenial saat akan membeli apartemen. Menurutnya, sekelompok milenial yang bekerja di pusat kota lebih suka membeli apartemen dibandingkan dengan rumah tapak.

  1. Harga dan Cicilan

Kaum milenial biasanya memiliki budget terbatas dibandingkan generasi sebelumnya sehingga mereka cenderung mencari apartemen dengan harga di bawah Rp1 miliar dengan cicilan yang ringan dan panjang.

  1. Lokasi

Selain harga dan cicilan yang ringan, pertimbangan lain milenial saat memilih apartemen adalah lokasi. Adapun daerah-daerah apartemen yang digandrungi masih terkonsentrasi di kota besar serta pinggiran yang masih terjangkau harganya bagi milenial.

"Mereka cenderung mencari apartemen di lokasi yang masih lebih terjangkau secara harga. Itu sebabnya konsumen pindah ke wilayah pinggiran daripada di tengah Jakarta. Meski wilayah pinggiran Jakarta, tetap harus mudah dijangkau oleh akses transportasi publik," jelasnya.

Wilayah pinggiran Jakarta yang saat ini menjadi incaran milenial, salah satunya di Tangerang Selatan dan Serpong.

  1. Fasilitas

Dalam memilih apartemen, kaum milenial juga sangat mempertimbangkan fasilitas yang dimiliki oleh apartemen tersebut misalnya dilengkapi dengan kolam renang, fitness centre, apotek, barber shop, salon dan jogging track.

  1. Kemudahan Akses

Akses juga menjadi hal penting bagi milenial. Apartemen yang berada di kawasan Serpong memiliki kemudahan akses dengan adanya tol dan stasiun kereta. Salah satu apartemen yang memiliki fasilitas akses moda transportasi yang terintegrasi (Transit-Oriented Development/TOD) berdekatan dengan Stasiun Cisauk adalah Apartemen Serpong Garden yang menjulang 2 tower dengan 2200 unit.

  1. Memiliki Banyak Fasilitas Umum

Penghuni apartemen juga akan merasa lebih nyaman jika di dalam apartemen tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas umum sehingga penghuni apartemen tidak perlu keluar area untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

Direktur Marketing Apartemen Serpong Garden Marco Iswara mengatakan tahun ini pihaknya membuka Tower Diamanta yang merupakan tower ketiga dengan jumlah 700 unit.  Apartment ini diyakini menjadi incaran para kaum milenial karena lokasinya yang dekat dengan kantor, kampus, pusat perbelanjaan dan juga rumah sakit.

Serpong Garden Apartement akan mengembangkan  5 tower dengan 5400 unit siap dihuni oleh 10 ribuan orang. Untuk unit siap huni saat ini terdiri dari 2 tipe yaitu tipe studio dan tipe dua kamar tidur dengan harga yang dipatok mulai Rp300 jutaan.

  1. Menarik Untuk Investasi

Apartemen memiliki potensi kenaikan harga apalagi memiliki lokasi yang strategis dan berdekatan dengan kawasan bisnis BSD sehingga nilai investasi untuk disewakan atau  dijual kembali berbanding lurus seiring meningkatnya aktivitas bisnis di suatu kawasan dan juga masih tingginya minat kaum milenial untuk memiliki hunian vertikal.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti apartemen perumahan generasi milenial
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top