Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tol Manado-Bitung Beroperasi Penuh di Bulan Depan

Jalan Tol Manado–Bitung diproyeksi bisa beroperasi penuh pada awal Februari 2022, setelah mendapatkan sertifikat laik operasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  05:32 WIB
Salah satu ruas Tol Manado-Bitung. - Kementerian PUPR
Salah satu ruas Tol Manado-Bitung. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Jalan Tol Manado–Bitung diproyeksi bisa beroperasi penuh pada awal Februari 2022, setelah mendapatkan sertifikat laik operasi.

“Sudah ada tim yang melakukan evaluasi akhir sebelum diterbitkan sertifikat laik operasi. Setelah itu akan diresmikan. Informasi terakhir peresmiannya di awal Februari [2022],” kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Utara Erik A Singarimbun, Senin (24/1/2022).

Erik mengatakan jadwal peresmian jalan tol terpanjang di Sulawesi itu saat ini masih menunggu jadwal dari pemerintah pusat.

Menurutnya, Tol Manado–Bitung sudah layak berfungsi 100 persen karena telah melalui uji laik fungsi yang dilakukan oleh tim dari berbagai elemen.

“Jadi tim ini menilai dan akan dilihat perbaikan-perbaikan kecil untuk diselesaikan. Setelah selesai diperbaiki, dievaluasi dan kemudian diterbitkan SLO [sertifikat laik operasi],” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono mengatakan bahwa peresmian tol sepanjang 39,9 kilometer tersebut dilakukan setelah diresmikannya salah satu ruas tol di Sumatra Utara.

“Sepertinya setelah itu [tol di Sumatra Utara], baru kemudian Sulawesi Utara,” katanya.

Untuk diketahui, Tol Manado–Bitung sepanjang 39,9 kilometer yang melintasi Kabupaten Minahasa Utara itu diharapkan mampu memacu perekonomian dan peningkatan kesejahteraan warga di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut.

Tol Manado–Bitung akan memangkas waktu tempuh kedua daerah itu dari semula 1,5 jam menjadi setengah jam saja.

Tol itu juga memiliki peran penting sebagai akses untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Manado–Bitung–Likupang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tol manado-bitung

Sumber : Antara

Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top