Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa Arti Codeshare dalam Penerbangan? Ini Fungsinya

Penerbangan codeshare adalah operasi gabungan dari dua atau lebih maskapai penerbangan. Simak penjelasan lebih lanjut.
Perjanjian penerbangan codeshare
Perjanjian penerbangan codeshare

Bisnis.com, JAKARTA – Codeshare merupakan suatu perjanjian antar maskapai penerbangan dengan fungsi memberikan pilihan tujuan yang lebih luas bagi penumpang.  

Penerbangan codeshare adalah operasi gabungan dari dua atau lebih maskapai penerbangan. Hal tersebut menjadi sebuah kerja sama saat maskapai penerbangan mengangkut penumpang yang tiketnya diterbitkan oleh maskapai penerbangan lain.

Melansir dari emirates.com, Kamis (20/1/2022) ketika Anda memesan penerbangan codeshare, tiket Anda akan memuat nomor penerbangan maskapai tempat Anda memesan perjalanan, meskipun beberapa bagian perjalanan Anda akan berada di penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan lain dan memuat nomor penerbangan lain dari yang dicetak pada tiket Anda.

Suatu maskapai memperluas jumlah penerbangan codeshare yang tersedia bagi pelanggan dengan bermitra bersama maskapai-maskapai berbagai wilayah. Hal tersebut mempermudah koneksi penerbangan-penerbangan antara kota-kota seluruh dunia. 

Jika penerbangan bersifat codeshare, penumpang akan diberitahukan maskapai yang akan mengoperasikan penerbangan ketika membuat pemesanan.

Singkatnya, melalui penerbangan codeshare Anda dapat terbang ke rute-rute yang tidak disediakan oleh maskapai sebelumnya dengan menaiki maskapai mitra melalui penerbangan lanjutan dalam satu tiket. 

Maskapai plat merah Garuda Indonesia pun memiliki kerja sama codeshare bersama maskapai asing. Masyarakat pun tidak harus membeli tiket berkal-kali. Jika Anda akan pergi dari negara X ke negara Z dan melalui negara Y, cukup memesan dalam satu kode maskapai, meskipun nantinya Anda akan berpindah pesawat yang berbeda dari maskapai sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper