Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20 Proyek Terbaik Raih FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021

Sebanyak 20 proyek properti terbaik mendapatkan penghargaan dalam FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021. Properti yang menjadi pemenang di Indonesia nantinya disertakan pada ajang penghargaan properti berkelas dunia, FIABCI Prix d’Excellence Award.
Gelaran FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 memberi penghargaan untuk 20 karya properti terbaik./Istimewa
Gelaran FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 memberi penghargaan untuk 20 karya properti terbaik./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – FIABCI (Fédération Internationale des Administrateurs de Biens Conseils et Agent Immobiliers) Indonesia dan Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) kembali menyelenggarakan FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021.

Pengumuman dan penyerahan award kepada para pemenang digelar saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) REI 2021 yang digelar secara hibrid (offline dan online) di Ciputra Artpreneur Jakarta pada Senin (20/12/2021).

Tahun ini 20 proyek properti dari 14 kategori berhak atas penghargaan properti paling bergengsi tersebut. Ajang itu disebut paling bergengsi, karena properti yang menjadi pemenang di Indonesia nantinya disertakan pada ajang penghargaan properti berkelas dunia, FIABCI Prix d’Excellence Award.

Doddy A. Tjahjadi, Ketua Panitia FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 mengatakan persyaratan penjurian dan penilaian di FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 seluruhnya mengacu kepada kriteria yang ditentukan pada FIABCI Prix d’Excellence Award.

“Selain kriteria yang ketat dan berstandar internasional, ujarnya, tim juri yang melakukan seleksi dan penilaian juga merupakan para pakar di bidang properti, perencana kota, arsitektur dan lingkungan,” ujar Doddy dalam keterangan persnya pada Rabu (22/12/2021).

Tim juri FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 antara lain Hari Ganie (Wakil Ketua Umum Koordinator DPP REI), Yofianto Soetono (Direktur PTI Architects), Handa Sulaiman (Vice Chairman Cushman & Wakefield Indonesia), Iwan Prijanto (Chair Person GBCI), dan Agnes Stephania (FIABCI/Ketua Tim Juri).

Seperti tahun lalu, FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 juga memberikan award untuk proyek-proyek rumah bersubsidi terbaik milik anggota REI. Terdapat 39 proyek perumahan subsidi dari berbagai daerah yang dianggap layak memperoleh anugerah ini.

Agnes Stephania, Ketua Tim Juri FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021, menjelaskan pihaknya di tahap akhir melakukan skoring untuk total 47 proyek yang terbagi dalam 14 kategori. Dari total proyek tersebut, 20 proyek memperoleh skoring tertinggi dengan perincian 9 gold winner, 6 silver winner, serta 5 proyek outstanding achievement.

“Rapat dewan juri berlangsung panjang dan alot karena beberapa kategori diwarnai persaingan ketat dan perbedaan skor yang tipis. Tapi, ini sekaligus menjadi sinyal yang sangat baik dan memperlihatkan kalau proyek-proyek yang masuk adalah produk terbaik dan berkualitas,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Agnes, tahun ini untuk pertama kalinya terdapat banyak proyek BUMN yang masuk sebagai peserta, dengan proyek-proyek yang cukup bagus dan menarik.

Secara keseluruhan, tim juri melihat pengembangan bangunan gedung dan kawasan di Indonesia semakin mengarah menuju sustainable development, dengan penekanan pada affordability dan inklusivitas sesuai dengan misi World Habitat.

Budiarsa Sastrawinata, Presiden FIABCI Indonesia berharap para pemenang FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 dapat mempersiapkan diri untuk melaju ke tingkat internasional dan berkontribusi dalam mengharumkan nama Indonesia di ajang FIABCI Prix d’Excellence Award yang diselenggarakan oleh Federasi Real Estate International (FIABCI).

“Selamat kepada para pemenang semoga terus berkarya menghasilkan produk properti bermutu. Ajang award ini sangat penting sebagai benchmark bagi pengembang-pengembang lain yang belum berhasil meraih FIABCI Indonesia-REI Excellence Award,” kata Budiarsa yang baru saja terpilih menjadi FIABCI World President Elect 2022–2023.

Tingkatkan Kolaborasi

Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para pemenang FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021.

Award ini diharap memberikan hal positif terhadap industri properti nasional antara lain untuk memacu kualitas produk properti di dalam negeri, memberikan apresiasi kepada pengembang yang sudah mengembangkan produk terbaiknya, serta membuka kesempatan bagi pengembang nasional bersaing di tingkat dunia.

“Lebih jauh lagi, REI berharap lewat ajang ini semakin menambah optimisme pengembang untuk menjaga dan memanfaatkan momentum pemulihan pasar properti ke depan seperti diamanatkan Presiden Joko Widodo saat membuka Rakernas REI 2021 kemarin,” kata Totok.

Dia juga kembali mengingatkan seluruh insan pengembang khususnya anggota REI untuk meningkatkan kolaborasi di tengah situasi seperti sekarang ini terlebih dalam ketidakpastian kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir.

Pemenang FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021

Kategori Affordable Housing: Perumahan The Green Lando 2 (PT Borobudur Bumi Mandiri) dan Perumahan Mustika Village Sukamulya (Mustika Land)

Kategori Environment : Rainbow Springs Condovillas Summarecon Serpong (KSO Summarecon Lakeview)

Kategori Heritage : Jalur Tenun Sumba

Kategori Industrial : GIIC@Kota Deltamas (PT Puradelta Lestari Tbk/Sinar Mas Land)

Kategori Masterplan : PIK 2 & Golf Islands (PT Kukuh Mandiri Lestari) dan The Taman Dayu (PT Taman Dayu/Grup Ciputra)

Kategori Mxed-Use Development: Podomoro City Deli Medan (PT Sinar Menara Deli/Agung Podomoro Land)

Kategori Office/Kantor : South Quarter (PT Intiland Development Tbk)

Kategori Infrastruktur/Amenities: The PIK 2 Bridges and Islands (PT Kukuh Mandiri Lestari)

Kategori Fasum/Fasos atau Purposed Built : Pasar Sukawati Kabupaten Gianyar (Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali/Ditjen Cipta Karya PUPR)

Kategori Residential High Rise : 1Park Avenue (PT Intiland Development Tbk) dan The Newton 1 (PT Ciputra Adibuana)

Kategori Residential Mid Rise: Graha Golf (PT Intiland Development Tbk) dan Springwood Residence (PT Triniti Dinamik Tbk)

Kategori Residential Low Rise :  Rainbow Springs Condovillas Summarecon Serpong (KSO Summarecon Lakeview) dan Graha Natura (PT Intiland Development Tbk)

Kategori Retail : QBIG BSD City (PT Bumi Serpong Damai/Sinar Mas Land)

Kategori Sustainable Development : Telkom Landmark Tower (PT Telkom Landmark Tower) dan QBIG BSD City (PT Bumi Serpong Damai/Sinar Mas Land).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper