Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI dan MERCOSUR Luncurkan Kemitraan Dagang Komprehensif

MERCOSUR (Mercado Comun del Sur/Southern Common Market) merupakan blok perdagangan di Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay.
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia dan MERCOSUR sepakat meluncurkan Perundingan Perdagangan Indonesia-MERCOSUR Comprehensive Economic Partnership Agreement (IM CEPA).

Kesepakatan ini dicapai setelah melalui proses pra negosiasi selama kurang lebih dua tahun. Negara anggota MERCOSUR terdiri atas Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay. 

Peluncuran Perundingan IM-CEPA dilangsungkan di sela-sela pelaksanaan pertemuan MERCOSUR’s Common Market Council (CMC) melalui konferensi video dan disepakati melalui Joint Ministerial Statement for the Launch of Negotiations towards a Comprehensive Economic Partnership Agreement between Indonesia and MERCOSUR, Kamis (17/12/2021).

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan IM-CEPA akan menjadi kesempatan bagi kedua belah pihak dalam mendukung peningkatan hubungan para pelaku bisnis. 

“Meskipun di tengah pandemi, kemampuan untuk beradaptasi dan menciptakan terobosan sangat diperlukan untuk mendukung pemulihan ekonomi,” kata Lutfi melalui siaran pers, Jumat (17/12/2021).

Indonesia dan MERCOSUR, kata Lutfi, akan berkolaborasi dalam mengejar kesepakatan perdagangan yang komprehensif. 

“Melalui CEPA, Indonesia dan blok MERCOSUR dapat menstimulasi pembangunan ekonomi, memperluas rantai nilai, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat kedua pihak,” kata dia. 

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Brasil sekaligus Ketua Pro Tempore MERCOSUR Carlos França mengemukakan apresiasinya terhadap Indonesia. Menurutnya, IM-CEPA dapat membuka lapangan pekerjaan dan berbagai peluang ekonomi.

Sebelum peluncuran dilakukan pada 9 Desember 2021, kedua belah pihak berhasil menyepakati Scoping Paper on a Possible Comprehensive Economic Partnership Agreement yang akan menjadi pedoman dalam menentukan ruang lingkup perundingan. Sebagai tindak lanjut, putaran perundingan pertama IM-CEPA ditargetkan dapat dilaksanakan pada kuartal I/2022.

MERCOSUR (Mercado Común del Sur/Southern Common Market) merupakan blok perdagangan (common market) di Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay. Argentina dan Brasil merupakan dua mitra dagang utama Indonesia terbesar di Amerika Latin dan Karibia.

Total perdagangan Indonesia-MERCOSUR pada periode Januari—September 2021 tercatat sebesar US$4,78 miliar atau meningkat 12,76 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke MERCOSUR sebesar US$1,38 miliar. Sebaliknya, impor Indonesia dari MERCOSUR sebesar US$3,39 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper