Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Titah Sri Mulyani: Siapkan APBN dan TKDD untuk Tangani Erupsi Gunung Semeru

Menkeu Sri Mulyani meminta jajaran Kemenkeu untuk bersiaga dalam mekanisme dukungan anggaran APBN maupun TKDD dalam menghadapi bencana alam Erupsi Gunung Semeru.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati meminta jajarannya untuk menyipakan APBN serta dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) untuk menghadapi bencana alam, khususnya erupsi Gunung Semeru.

Pernyataan tersebut disampaikan Menkeu melalui akun Instagram miliknya @smindrawati pada Minggu (5/12/2021).

"Mari berdoa untuk keselamatan seluruh rakyat di sekitar Gunung Semeru. Saya meminta jajaran Kemenkeu untuk bersiaga dalam mekanisme dukungan anggaran APBN maupun TKDD dalam menghadapi bencana alam yang berpotensi meningkat menjelang akhir tahun dan awal tahun," tulis akun Instagram @smindrawati.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam bencana alam erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang memberikan keterangan mewakili Presiden Jokowi pada Minggu (5/12) sebagaimana ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Kabinet.

Praktikno menyebutkan, Jokowi juga telah menerima laporan dan terus memonitor situasi dari waktu ke waktu dan telah memerintahkan pengerahan bantuan kesehatan dan logistik untuk pengungsi erupsi Gunung Semeru.

"Bapak Presiden juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat sangat singkat," kata Pratikno dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (5/12/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper