Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan tol Manado Bitung Seksi 2 Ditargetkan Beroperasi Akhir 2021

Jalan Tol Manado - Bitung terdiri dari 2 seksi ini merupakan ruas tol pertama yang ada di wilayah Sulawesi Utara. 
Salah satu ruas Tol Manado-Bitung./Kementerian PUPR
Salah satu ruas Tol Manado-Bitung./Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Jalan Tol Manado - Bitung ditargetkan dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 39,5 kilometer pada akhir tahun ini. 

Sekretaris BPJT Triono Junoasmono mengatakan jalan Tol Manado - Bitung terdiri dari 2 seksi ini juga merupakan ruas tol pertama yang ada di wilayah Sulawesi Utara. 

Dengan beroperasi seluruh ruas Jalan Tol Manado - Bitung, maka akan memangkas waktu tempuh Manado – Bitung dari 1,5 jam menjadi setengah jam saja.

“Saat ini Progres seksi 2 [Danowudu – Bitung] sepanjang 14 Km untuk konstruksi sudah mencapai 92,87 persen yang di fokuskan pada Under Bridge Ranowolu dan progress pembebasan lahan 97,63 persen sehingga total panjang Jalan Tol Manado – Bitung adalah 39,5 Km,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (26/11/2021). 

Jalan Tol Manado - Bitung terdiri dari dua seksi, dimana seksi I (ring road Manado – Sukur – Airmadidi) sepanjang 14 Km dan Seksi 2A (Airmadidi -  Danowudo) sepanjang 11,5 Km telah beroperasi sejak tahun lalu.

“Kami berupaya untuk menargetkan untuk seksi 2B ini sudah selesai konstruksi pada awal bulan desember dan selanjutnya dilakukan uji laik fungsi sehingga dapat beroperasi pada minggu ke 3 bulan Desember sebelum hari Natal dan Tahun baru,” kata Triono.

Dia menuturkan untuk pemantauan progress kontruksi Jalan Tol Manado - Bitung seksi 2B ini, BPJT dibantu dari Tim BPJN Sulawesi Utara agar hasil pekerjaan baik dan selesai sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan.

Penghujung dari Jalan Tol Manado - Bitung seksi 2B ini tepat berada di persimpangan Pelabuhan Bitung. Dengan adanya tol ini, diharapkan dapat meningkatkan kelancaran jalur logistik yang pada akhirnya mengembangkan industri ekonomi, perikanan, perkebunan dan pariwisata.

"Tol Manado - Bitung ini merupakan tol terpanjang yang ada di Pulau Sulawesi dan termasuk jalan tol yang indah karena terdapat pemandangan gunung klabat dan tongkoko serta juga pemandangan laut yang terlihat dari jalan tol," ucap Triono. 

Jalan tol ini juga memiliki peran penting sebagai akses untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Manado – Bitung – Likupang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper