Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi Harga Produsen Melonjak 7,3 Persen pada Kuartal III, BI Sebut IHK Tetap Terjaga

Tingkat inflasi pada indeks harga konsumen (IHK) masih tercatat rendah, yang juga tercermin dari tingkat inflasi komponen inti.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 18 November 2021  |  16:55 WIB
Inflasi Harga Produsen Melonjak 7,3 Persen pada Kuartal III, BI Sebut IHK Tetap Terjaga
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Kamis (9/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan bahwa indeks harga konsumen masih terjaga di tengah kenaikan indeks harga produsen yang tinggi pada kuartal III/2021.

Badan Pusat Statistik mencatat, indeks harga produsen (IHP) pada kuartal III/2021 meningkat 1,8 persen dari kuartal sebelumnya, atau naik 7,26 persen dibandingkan dengan kuartal III/2021.

“Memang ada kenaikan inflasi di tingkat produksi, tapi belum terpengaruh terhadap kenaikan harga di tingkat konsumen,” katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/11/2021).

Perry menjelaskan, tingkat inflasi pada indeks harga konsumen (IHK) masih tercatat rendah, yang juga tercermin dari tingkat inflasi komponen inti.

Tercatat, IHK pada Oktober 2021 mengalami inflasi sebesar 0,12 persen secara bulanan atau 0,39 persen secara tahun berjalan. Secara tahunan, inflasi pada periode tersebut mencapai 1,66 persen.

“Meski terjadi kenaikan permintaan, tapi ketersediaan penawaran agregat masih memadai sehingga tidak terpengaruh ke inflasi fundamental,” jelasnya.

Adapun, BI memperkirakan tingkat inflasi pada akhir 2021 akan mencapai sasaran target BI, pada kisaran 2 hingga 4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Inflasi indeks harga konsumen
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top