Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Covid-19 Melandai, Angkasa Pura I Catat Kenaikan Peumpang

Adapun trafik penumpang tertinggi pada Agustus lalu terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, yakni 273.722 pergerakan penumpang, sedangkan trafik penumpang tertinggi kedua di Bandara Juanda Surabaya yang sebesar 206.833 pergerakan penumpang.
PT Angkasa Pura I (Persero) menerapkan social distancing di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar./Istimewa
PT Angkasa Pura I (Persero) menerapkan social distancing di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mencatat pertumbuhan pergerakan penumpang sebesar 87,6 persen pada September 2021 dibandingkan dengan pada Agustus 2021, atau dari 1,03 juta penumpang menjadi lebih dari 1,94 juta penumpang.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan  pertumbuhan signifikan juga terjadi untuk pergerakan pesawat pada September 2021 yang tumbuh 44,3 persen dari 16.192 menjadi 23.379 pergerakan pesawat. Hal ini selaras dengan pergerakan kargo yang tumbuh 11,4 persen dari 31,34 juta kg menjadi 35,58 juta kg.

Menurutnya, pertumbuhan pergerakan penerbangan di 15 bandara kelolaannya didorong oleh status level PPKM yang berangsur turun dari level 4 ke level 3 di Pulau Jawa Bali dan beberapa daerah lainnya. Kondisi tersebut membuat syarat melakukan perjalanan udara sedikit dilonggarkan. Walau terdapat penurunan level status PPKM, penerapan protokol kesehatan di bandara tetap dilakukan dengan ketat dan sesuai prosedur. 

"Selain itu, pertumbuhan pergerakan penumpang juga didorong oleh turunnya tarif RT PCR sejak akhir Agustus lalu dan tarif rapid test antigen sejak awal September 2021," ujarnya, Rabu (6/10/2021).

Adapun trafik penumpang tertinggi pada Agustus lalu terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, yakni 273.722 pergerakan penumpang, sedangkan trafik penumpang tertinggi kedua di Bandara Juanda Surabaya yang sebesar 206.833 pergerakan penumpang, dan trafik penumpang tertinggi ketiga di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan yang sebesar 114.306 pergerakan penumpang.

Sementara itu, total trafik penerbangan di 15 bandara Angkasa Pura I sejak Januari hingga Agustus 2021 yaitu lebih dari 16,45 juta pergerakan penumpang, 204.589 pergerakan pesawat, dan lebih dari 266 juta kg kargo. 

Pada September 2021, AP I melayani penumpang rata-rata 64.780 penumpang per hari di 15 bandaranya. Walaupun mengalami pertumbuhan rata-rata penumpang harian, tetapi peningkatan tersebut masih belum dapat menyamai dengan rata-rata trafik harian pada masa sebelum penerapan PPKM, khususnya perode 18 Mei-2 Juli, di mana rata-rata trafik penumpang harian mencapai 119.845 penumpang per hari.

Kendati demikian, Faik menilai pertumbuhan trafik penerbangan pada September ini merupakan sinyal positif bagi industri aviasi untuk mulai bangkit secara bertahap.

"Kami juga berharap kekebalan komunitas atau lekas terwujud seiring dengan masifnya program vaksinasi Covid-19 dari Pemerintah sehingga masyarakat dapat melakukan mobilitas dan perjalanan udara dengan rasa aman dan nyaman. Pada akhirnya trafik penerbangan akan mulai bangkit kembali dan berdampak positif terhadap kinerja bisnis pelaku usaha di sektor aviasi dan pariwisata," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper