Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peringatan Hari Statistik Nasional, BPS Genjot Pemanfaatan Big Data

Inisiatif pemanfaatan big data oleh BPS, salah satunya Mobile Positioning Data (MPD) untuk mengetahui jumlah wisatawan mancanegara pada daerah perbatasan yang tidak dicakup dalam kantor imigrasi, mencatat wisatawan nusantara, dan mengetahui data commuter.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 25 September 2021  |  09:29 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono pada rilis data Indeks Harga Konsumen Juni 2021, Kamis (7/1/2021) -  BPS
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono pada rilis data Indeks Harga Konsumen Juni 2021, Kamis (7/1/2021) - BPS

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan mengingatkan kembali betapa penting peran statistik dalam evidence-based policy dan decision making, baik oleh pemerintah, stakeholders, dan masyarakat luas untuk berbagai kepentingan.

Tema HSN 2021 'Statistik Berkualitas untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh', menurut Margo, dirasa tepat dalam menggambarkan peranan dan kontribusi data statistik berkualitas untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tangguh dan tumbuh di tengah kondisi pandemi Covid-19.

"Di era disrupsi seperti sekarang ini, BPS sebagai penyedia data statistik Indonesia tentunya berupaya beradaptasi dan bertransformasi dalam proses bisnis statistik agar dapat menghasilkan data statistik terkini secara cepat," paparnya, Sabtu (25/9/2021).

Hal ini dilakukan dengan optimalisasi big data sebagai alternatif sumber data baru yang dapat melengkapi official statistics yang dihasilkan dari kegiatan sensus maupun survei.

Inisiatif pemanfaatan big data oleh BPS, kata Margo, salah satunya Mobile Positioning Data (MPD) untuk mengetahui jumlah wisatawan mancanegara pada daerah perbatasan yang tidak dicakup dalam kantor imigrasi, mencatat wisatawan nusantara, dan mengetahui data commuter.

Dalam peringatan HSN, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo juga menekankan pentingnya data statistik yang akurat dan benar dalam perencanaan hingga mengukur keberhasilan pembangunan sektor pertanian di Indonesia.

HSN yang diperingati setiap tanggal 26 September ini tidak hanya diperingati oleh Badan Pusat Statistik (BPS), tetapi juga oleh seluruh insan statistik di Indonesia. HSN bukanlah hari jadi BPS, tetapi merupakan hari diundangkannya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS big data
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top