Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos IMF Diduga Ikut Andil 'Rekayasa' di Peringkat Ease of Doing Business China

Managing Director IMF Kristalina Georgieva yang sempat menjabat di Bank Dunia diduga telah menekan stafnya untuk melakukan penyesuaian metodologi dalam peringkat Ease of Doing Business China.
Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva dalam konferensi pers virtual Spring Meetings 2020/ Bloomberg - Andrew Harrer
Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva dalam konferensi pers virtual Spring Meetings 2020/ Bloomberg - Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA - Managing Director IMF Kristalina Georgieva pada hari Kamis (16/9/2021) membantah penyelidikan independen yang menemukan bahwa dalam pekerjaan sebelumnya di Bank Dunia, dia menekan staf untuk mengubah laporan untuk menghindari kemarahan China.

Berdasarkan temuan tersebut, Bank Dunia mengumumkan akan segera menghentikan laporan Ease of Doing Business-nya setelah investigasi menemukan kejanggalan pada edisi 2018 dan 2020.

Georgieva, seorang warga negara Bulgaria yang memimpin IMF pada Oktober 2019, menolak kesimpulannya mengenai perannya.

"Saya secara fundamental tidak setuju dengan temuan dan interpretasi Investigasi Penyimpangan Data terkait peran saya dalam laporan Doing Business Bank Dunia 2018," katanya dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP dan Channel News Asia.

Tuduhan itu dapat merusak reputasinya, dan memberikan dasar bagi kritik lama AS terhadap organisasi multilateral dan perlakuan mereka terhadap China.

"Ini adalah temuan serius," kata Kementerian Keuangan AS dalam sebuah pernyataan. Oleh karena itu, kementerian tengah menganalisis laporan ini.

"Tanggung jawab utama kami adalah menegakkan integritas lembaga keuangan internasional," kata Kementerian Keuangan AS.

Georgieva mengatakan dia memberi tahu dewan IMF tentang situasi tersebut. Dewan akan bertemu untuk membahas masalah ini, tetapi tidak jelas kapan.

Justin Sandefur dari Center for Global Development, yang telah banyak menulis tentang masalah dengan metodologi laporan, mengatakan semua pihak perlu mendengar sisi ceritanya, tetapi itu tidak terlihat bagus sekarang.

"IMF bertugas memantau integritas data makroekonomi dan keuangan internasional, dan keterlibatan pimpinan IMF dalam manipulasi data adalah tuduhan yang cukup memberatkan," katanya kepada AFP. "Itu memang tampak seperti pukulan nyata pada kredibilitas mereka."

Laporan unggulan tersebut memeringkat negara-negara berdasarkan peraturan bisnis dan reformasi ekonomi mereka, dan telah menyebabkan pemerintah berebut tempat yang lebih tinggi untuk menarik investor.

Menurut penyelidikan independen, Beijing mengeluh tentang peringkatnya yang ke-78 dalam daftar pada tahun 2017, dan laporan tahun depan akan menunjukkan bahwa Beijing turun lebih jauh.

Staf Bank Dunia yang berbasis di Washington sedang mempersiapkan edisi 2018 sementara para pemimpin tengah terlibat dalam negosiasi sensitif untuk meningkatkan modal pinjamannya, yang bergantung pada kesepakatan dengan China dan Amerika Serikat.

Dalam minggu-minggu terakhir sebelum laporan itu dirilis pada akhir Oktober 2017, Presiden Bank Dunia Jim Kim dan Georgieva meminta staf untuk memperbarui metodologi sehubungan dengan China, menurut penyelidikan oleh firma hukum WilmerHale.

Kim membahas peringkat dengan pejabat senior China yang kecewa dengan peringkat negara itu dan para pembantunya mengangkat masalah bagaimana meningkatkannya, menurut ringkasan penyelidikan, yang dirilis oleh Bank Dunia.

Hal ini dianggap sebagai salah satu prestasi Kim bahwa dia menggiring kesepakatan untuk peningkatan US$13 miliar sumber daya Bank Dunia.

Tawar menawar itu membutuhkan dukungan dari presiden AS pada saat itu Donald Trump, yang menentang pinjaman lunak ke China, dan dari Beijing, yang setuju untuk membayar lebih banyak untuk pinjaman.

Di tengah tekanan dari manajemen atas, staf mengubah beberapa data input yang meningkatkan peringkat China pada 2018 sebanyak tujuh peringkat menjadi 78 - sama seperti tahun sebelumnya. Hal ini terungkap penyelidikan yang menganalisis 80.000 dokumen dan mewawancarai lebih dari tiga lusin karyawan yang masih menjabat dan yang telah tidak lagi menjabat.

Georgieva mengecam seorang pejabat senior Bank Dunia karena salah menangani hubungan Bank Dunia dengan China dan gagal menghargai pentingnya laporan Ease of Doing Business bagi negara.

Setelah perubahan dibuat, dia berterima kasih padanya karena melakukan bagiannya untuk multilateralisme, menurut laporan penyelidikan tersebut.

Georgieva kemudian mengunjungi rumah manajer yang bertanggung jawab atas laporan tersebut untuk mengambil salinannya, dan berterima kasih kepada mereka karena telah membantu menyelesaikan masalah.

Paul Romer, pemenang Hadiah Nobel yang menjabat sebagai kepala ekonom Bank Dunia pada saat itu, mengundurkan diri pada Januari 2018 setelah memberi tahu seorang reporter bahwa metodologi untuk pemeringkatan telah diubah sedemikian rupa sehingga dapat memberi kesan pertimbangan politik memengaruhi hasil.

Pada saat itu, Bank Dunia dengan keras menyangkal adanya pengaruh politik atas peringkat tersebut.

Investigasi juga menemukan perubahan yang tidak tepat dalam laporan Ease of Doing Business 2020 yang memengaruhi peringkat Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Azerbaijan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper