Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenko Perekonomian Berharap KEK Lido Jadi Momentum Pemulihan Industri Pariwisata

Pemerintah akan senantiasa mendukung berbagai langkah untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan KEK di Indonesia.
MNC Lido City/Bisnis
MNC Lido City/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang (Kemenko) Perekonomian mengatakan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido diharapkan dapat menjadi momentum upaya pemulihan pariwisata nasional, dan dapat segera merealisasikan penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo memperkirakan kehadiran theme park yang akan dibangun di dalam KEK Lido mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun.

Inflow devisa dari wisatawan mancanegara serta penghematan outflow devisa dari wisatawan nusantara dapat mencapai US$4,1 miliar selama 20 tahun.

"Penetapan KEK Lido diharapkan mampu memberikan nilai lebih bagi Indonesia. Dengan fasilitas yang berstandar internasional dan lokasi yang premium, diharapkan mampu menghadirkan wisatawan dengan segementasi tertentu," jelasnya saat hadir dalam acara Penyerahan Peraturan Pemerintah (PP) No. 69/2021 tentang KEK MNC Lido City dan Peresmian Pembangunan Lido World Garden di Lido, Bogor, Jawa Barat, seperti yang dikutip dari siaran pers, Rabu (8/9/2021).

Sementara itu, Wahyu mengatakan nilai investasi keseluruhan proyek ini sebesar Rp11,04 triliun, dan merupakan bagian dari rencana investasi pembangunan KEK Lido Tahap I dengan total nilai investasi mencapai Rp14,2 triliun yang sampai saat ini sudah terealisasi sebesar Rp1 triliun.

Pada tahap I, KEK Lido sedang membangun sejumlah projects seperti Lido Extension, Golf Course, Golf Club, Movieland, Theme Park, Music and Art Center, Infrastruktur dan Sarana Prasarana, serta Lido World Garden.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan groundbreaking KEK Lido dan penandatanganan MoU PT MNC Land Lido dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Wahyu lalu mengatakan pemerintah akan senantiasa mendukung berbagai langkah untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan KEK di Indonesia.

Pertama, kebijakan fiskal yang kondusif bagi dinamika investasi. Lebih dari itu pemerintah berupaya secara terus menerus mempercepat implementasi Undang-Undang (UU) No.11/2020 tentang Cipta Kerja dalam mencapai target pembangunan nasional.

Kedua, komitmen pemerintah untuk mendorong adanya konektivitas antar KEK dengan membangun akses-akses infrastruktur di KEK dan wilayah sekitarnya.

Terakhir, pemerintah juga memfokuskan diri membangun ketersediaan sumber daya manusia di setiap wilayah dimana KEK berada.

Wahyu juga menyampaikan keberhasilan KEK tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (pemda). 

Pemda diharapkan dapat terus mendukung pengembangan KEK Lido, khususnya terkait dengan perizinan daerah serta insentif pajak daerah dan retribusi daerah sesuai amanat UU Cipta Kerja.

Adapun, KEK Lido berlokasi di Lido, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, merupakan KEK Pariwisata dengan area seluas 1.040 hektar. Sesuai dengan komitmen rencana investasi, dalam 20 tahun kedepan akan direalisasikan investasi sebesar Rp32 triliun dan akan menyerap 29.545 orang tenaga kerja.

“Untuk mendorong penyerapan tenaga kerja lokal, kami mendorong pemerintah daerah dan masyarakat untuk juga memanfaatkan Program Kartu Prakerja yang sudah terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pekerja dan calon pekerja untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai atau yang tersedia,” ujar Wahyu.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Menteri Pertanian, Gubernur Jawa Barat, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kemenko Perekonomian, serta Bupati Bogor dan Executive Chairman MNC Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper