Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi Properti pada Masa Pandemi Tetap Diminati

Animo konsumen properti masih bagus, yang terlihat dari masih banyaknya permintaan yang masuk dan respons media sosial yang meningkat. 
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 21 Agustus 2021  |  15:12 WIB
Investasi Properti pada Masa Pandemi Tetap Diminati
Tim dari Mustika Land berfoto bersama sebelum menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19 di sekitar proyeknya. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Mustika Land menilai kondisi pasar properti pada masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) saat ini di wilayah Jabodetabek cukup baik.

Sentimen pasar bereaksi positif terhadap langkah pemerintah yang menambah kuota rumah subsidi, merelaksasi aturan perpajakan sektor properti, dan insentif lainnya.

Menurut David Sudjana, Chief Executive Officer Mustika Land, relaksasi yang cukup berpengaruh adalah pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen yang ditanggung pemerintah untuk pembelian properti siap huni dengan maksimal harga Rp2 miliar.

Langkah pemerintah ini, tuturnya, meningkatkan minat pasar untuk memilih berinvestasi di properti dan tergerak untuk memanfaatkan banyaknya kemudahan dalam memiliki properti saat ini. Konsumen sekarang ini sangat beruntung karena banyaknya promosi, hadiah, dan diskon yang ditawarkan oleh pengembang.

“Animo konsumen properti masih bagus, yang terlihat dari masih banyaknya permintaan yang masuk dan respons media sosial yang meningkat. Hanya memang pada bulan Juli dan Agustus ini kunjungan ke kantor marketing itu sempat tertunda karena adanya PPKM,” kata David melalui siaran pers, Sabtu (21/8/2021).

Saat ini Mustika Land Development sedang gencar memasarkan empat proyek unggulannya, yaitu Merakey Golf Residence (Cikarang), Mustika Park Place (Cibitung), Mustika Village Karawang, dan Mustika Village Sukamulya (Cikarang), dengan dua kategori perumahan, yaitu rumah harga di bawah Rp300 juta dan rumah harga Rp300 jutaan hingga Rp800 jutaan; serta apartemen kelas menengah di harga Rp.1 Milyar

Untuk rumah harga di bawah Rp300 jutaan, jelas David, yang tersedia sebanyak 4.000 unit di dua proyek, yaitu Mustika Village Karawang, dan Mustika Village Sukamulya (Cikarang) yang permintaannya meningkat sekitar 40 persen selama Januari—Juli 2021 dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.  Sementara itu, rumah di harga Rp300 juta—Rp800 jutaan di Mustika Park Place (Cibitung) malah meningkat lebih tinggi, sekitar 60 persen. 

Untuk pembeli pada Agustus hingga September 2021, Mustika Land memberi promo hadiah menarik bertajuk “Merdeka Punya Rumah”. Selain kemudahan cara bayar, promo ini juga untuk mendukung work from home dan school from home dengan memberi hadiah Smart TV dan gratis langganan Internet 12 bulan bagi pembelinya. 

“Selama masa pandemi, Mustika Land tetap terus berkomitmen kepada konsumen dengan melakukan pembangunan yang berkualitas dan serah terima tepat waktu,” kata David.

Paket Bantuan

Sementara itu, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Group Synergy yang memiliki anggota di bidang developer, agen, bank, arsitektur, motivator dan penyedia bahan bangunan memberi 4.670 paket sembako kepada masyarakat di Indonesia. 

Secara simbolis, acara ini dilakukan di Graha Bintang Cikini 55, Jakarta Pusat, pada Rabu (18/8/2021) yang dihadiri antara lain Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida, Ketua Umum DPP AREBI Lukas Bong, Sekjen Apersi  Daniel Djumali, serta sejumlah pengembang dan broker properti.

Dalam kesempatan ini, Mustika Land bersama lebih seratus pengembang di Indonesia turut menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19 di sekitar proyeknya. Mustika Land mendistribusikan langsung sekitar 200 paket sembako kepada warga di sekitar proyek perumahannya, dan diterima baik oleh masyarakat.

Menurut David, pihaknya merasa bersyukur bisa bersama-sama dengan Group Synergy turut membantu pemerintah dalam meringankan warga yang kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini.

“Sebagai pelaku usaha yang berusaha Indonesia, tentunya kami ingin melihat bangsa kita segera sehat, kuat dan bisa keluar dari krisis yang disebabkan pandemi Covid-19 ini. Bila masyarakat bisa pulih, perekonomian Indonesia akan kembali pulih sehingga masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal bisa membeli produk-produk yang kami bangun,” ujar David melalui siaran pers, Sabtu (21/8/2021).

Group Synergy mengolaborasikan pelaku di industri properti, termasuk Mustika Land Group menyalurkan bantuan kepada masyarakat pada HUT Ke-76 RI dan hal ini diharapkan juga menjadi bagian dari simbol semangat pelaku usaha lainnya.

Tim Mustika Land langsung membawa bantuan ke panti asuhan serta menyediakan masker ketika masker langka saat itu kepada masyarakat dan aparatur pemerintah di sekitar proyek properti miliknya.

“Minggu lalu kami juga bersama pemerintah setempat bekerja sama dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebanyak 1.000 orang warga di sekitar proyek kami, Mustika Park Place. Kami berharap semakin cepat masyarakat di area kami bekerja bisa memperoleh daya tahan imunitas sehingga angka kasus Covid-19 bisa turun,” jelas David.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ppn investasi properti HUT Kemerdekaan RI
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top