Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grab Guyur Bantuan Sembako Rp25 Miliar untuk Driver

Grab Indonesia menyalurkan program bantuan sembako kepada mitra drivernya hingga Rp25 miliar.
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Grab Indonesia mengklaim telah menginvestasikan senilai Rp25 miliar untuk program yang bertujuan untuk melindungi kesehatan dan pendapatan mitra pengemudi pada masa pandemi.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan sebanyak 27.000 mitra pengemudi telah memanfaatkan paket sembako program ini sejak diluncurkan Senin (2/8/2021). Mitra bisnis Grab yaitu Accenture, EMTEK, OVO, Microsoft dan Indosat Ooredoo juga telah memberikan kontribusi senilai Rp11 miliar untuk program ini.

“Grab telah menginvestasikan Rp25 miliar untuk program Atasi yang bertujuan untuk melindungi kesehatan dan pendapatan Mitra Pengemudi di masa pandemi. Kami harap program ini akan membantu Mitra Pengemudi yang terdampak pandemi dan setidaknya dapat mengurangi beban pikiran yang ada," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (6/8/2021).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi inisiatif Grab Indonesia dalam memberikan dukungan dan bantuan terhadap mitra-mitranya di masa pandemi Covid-19.

“Saya menghargai upaya Grab Indonesia untuk terus mendukung Mitra Pengemudinya di masa-masa seperti ini. Kesadaran Grab akan pentingnya tindakan pencegahan dan memperlambat tingkat infeksi, serta mengatasi kesulitan yang dihadapi Mitranya selama masa PPKM dengan program ATASI patut diapresiasi,” kata Menhub.

Adapun program Atasi yang dimaksudkan oleh Grab berupa Antisipasi yakni pengembalian biaya tes Antigen atau PCR mitra pengemudi senilai Rp 800.000 serta proteksi pendapatan sampai Rp3 juta per mitra yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mitra juga mendapatkan harga khusus untuk tes kesehatan umum di klinik Kimia Farma, serta, diskon Rp5.000 dengan batas transaksi Rp20.000 di GrabFood.

Kemudian Tangkal yang diberikan bagi 150.000 mitra pengemudi untuk memperoleh barang kebutuhan sehari-hari (sembako) dan obat-obatan senilai Rp50.000 dari Indomaret melalui aplikasi mitra. Selain itu juga vaksinasi bagi mitra pengemudi di seluruh Indonesia dengan komunikasi yang intens dan menyeluruh.

Selain itu, Grab juga menyediakan GrabModal, pinjaman mikro untuk mitra pengemudi dan pengantaran di Indonesia yang dikembangkan bekerja sama dengan JULO, perusahaan penyedia kredit digital yang berizin dan diawasi oleh OJK. GrabModal dengan dukungan JULO menawarkan proses yang sepenuhnya online, memberikan akses pada hari yang sama ke pinjaman untuk mitra pengemudi yang dipilih sebelumnya.

Saat ini, pinjaman mikro sedang diluncurkan secara bertahap, dan diharapkan akan dapat diperluas ke lebih dari 100.000 mitra pengemudi dan pengantaran di Indonesia pada akhir tahun ini. Pinjaman tunai ini ditujukan untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan mereka berdasarkan pilihan mereka sendiri, termasuk biaya sehari-hari, perbaikan dan pemeliharaan kendaraan, pendidikan, renovasi, dan keadaan darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper