Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingat! Trayek Priok-Belawan Dialihkan ke Patimban Bulan Ini

Pembukaan trayek Patimban–Belawan dari sebelumnya Priok–Belawan sedang disiapkan untuk kapal pengangkut kendaraan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 06 Agustus 2021  |  15:41 WIB
Ingat! Trayek Priok-Belawan Dialihkan ke Patimban Bulan Ini
Pekerja melakukan bongkar muat sejumlah kendaraan bermotor ke dalam kapal MV Ostina saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan operasional Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah perusahaan swasta bakal mengalihkan trayeknya dari semula Tanjung Priok–Belawan menjadi Patimban–Belawan pada Agustus 2021 ini.

Kepala KSOP Kelas II Patimban Heri Purwanto menyampaikan dalam waktu dekat sedang mempersiapkan pembukaan trayek Patimban–Pel. Belawan (Sumatera Utara) untuk kapal pengangkut kendaraan (Pure Car Carrier–PCC). Trayek ini, terangnya, merupakan pemindahan dari trayek sebelumnya Tanjung Priok–Pelabuhan Belawan.

Persiapan pun tengah dilakukan baik oleh pihak shipping line maupun dari pihak cargo owner (car manufacturer). Sejumlah perusahaan yang rencananya memindahkan rutenya adalah Toyofuji dan Agungland.

“Rencananya Agustus ini sudah disiapkan car carrier untuk Patimban–Belawan. Kapal yang melayaninya dari Toyofuji. Kemarin sudah dirapatkan ini proses persetujuan trayeknya. Jadi dari Priok ke Belawan diubah rutenya dari Patimban ke Belawan,” katanya, Jumat (6/8/2021).

Menurutnya dengan luasan dermaga dan terminal kendaraan yang kapasitas 218.000 CBU/Tahun pada Pelabuhan Patimban akan sangat memungkinkan apabila rute yang Tanjung Priok Belawan yang selama ini dalam satu minggu 3 kali pemberangkatan dipindahkan ke Patimban. Besaran tarif yang dikenakan untuk saat ini di Pelabuhan Patimban berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 15/2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Perhubungan.

Selain rencana pembukaan trayek baru tersebut, sejauh ini operasional Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban yang sudah reguler antara lain Kapal Ferindo 5 yang dioperasikan oleh PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) yang melayani pengangkutan kendaraan dengan trayek Patimban–Pel. Panjang (Lampung) dan Patimban–Pel. Pontianak (Kalimantan Barat).

Kemudian, Operasional Terminal Petikemas Pelabuhan Patimban saat ini melayani kegiatan kapal kargo yang dioperasikan oleh PT. Pelayaran Indonesia (Persero) berupa KM. Dempo dengan trayek Tg. Priok–Surabaya–Makasar–Sorong–Manokwari–Wasior–Nabire–Jayapura–Nabire–Wasior–Manokwari–Sorong–Makasar–Surabaya–Patimban–Tg. Priok dan KM. Caraka yang merupakan Kapal Tol Laut dengan trayek Tg. Priok–Patimban–Kep Riau–Tg. Priok.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Dan Angkutan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi menekankan pelabuhan Patimban tak akan banyak bergerak dan berkembang apabila tidak dipromosikan kedepannya. Oleh karena itu dia juga meminta kepada operator pelabuhan Tanjung Priok yakni Pelindo II untuk ikut membujuk tiga perusahaan car carrier agar membuka rutenya ke Patimban- Belawan. Hal tersebut sesuai dengan arahan yang tekah disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Salah satunya kami sudah menyusun rencana. Ada kapal tol laut, intinya ada kapal dulu yang datang dan beroperasi. Otoritas Pelabuhan juga sudah siap. Kami juga mengundang Pelindo II upaya memindahkan rute tertentu di Tanjung Priok ke Belawan. Ini harus terjadi, saya minta ke Pelindo II undang tiga kapal dan perusahaan sampaikan rencana akan dipindahkan,” ujarnya, Rabu (9/6/2021).

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Pelabuhan Patimban pada akhir 2020. Adapun Progres Pembangunan Pelabuhan saat ini per 25 Juli 2021 untuk Terminal Kendaraan dan Terminal Kontainer sudah sepenuhnya dilakukan. Termasuk fasilitas jalan akses Pelabuhan sepanjang 8,2 km sudah selesai. Sementara fasilitas breakwater dan dinding laut (seawall) sudah mencapai 93,44 persen, sedangkan jembatan penghubung (connecting bridge) sudah mencapai 77,28 persen.

Sesuai KM 351/2020 tentang Penugasan Kepada Badan Usaha Pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) untuk Melaksanakan Pengoperasian Sementara Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang Jawa Barat. Operasional Pelabuhan Patimban oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sampai dengan serah terima operasional dengan Badan Usaha Pelabuhan PT Pelabuhan Patimban Internasional melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang direncanakan pada Bulan November 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan pelabuhan patimban
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top