Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AP II: Soekarno-Hatta Peringkat 34 Bandara Terbaik di Dunia

PT Angkasa Pura II berhasil naik ke peringkat 34 bandara terbaik di dunia dalam daftar World’s Best Airport.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 06 Agustus 2021  |  13:23 WIB
AP II: Soekarno-Hatta Peringkat 34 Bandara Terbaik di Dunia
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Peringkat Bandara Soekarno-Hatta dalam daftar bandara terbaik di dunia naik satu tingkat ke urutan 34 pada 2021 setelah sebelumnya berada di posisi ke- 35.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II Muhammad Awaluddin mengatakan penaikan peringkat pada tahun ini di dalam daftar World’s Best Airport melanjutkan tren positif sejak 5 tahun lalu. Dia menjelaskan peringkat Bandara Soekarno-Hatta berturut-turut naik peringkat dari tahun ke tahun, dimulai pada 2017 yang berada di peringkat 44, lalu pada 2018 peringkat 45, kemudian pada 2019 naik ke peringkat 40, pada 2020 naik ke peringkat 35, dan kini pada 2021 kembali naik peringkat ke 34.

“Hal ini seiring dengan Transformasi Digital yang dijalankan perseroan sejak 2016. Sejak menjalankan Transformasi Digital, peringkat Bandara Soekarno-Hatta berturut-turut naik peringkat dari tahun ke tahun,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (6/8/2021).

Sejumlah transformasi digital yang dicapai oleh Bandara Soekarno – Hatta diikuti dengan diterapkannya state of the art technology melalui berbagai produk layanan berbasis digital untuk menghadirkan airport digital journey experience bagi penumpang pesawat. Sejumlah produk layanan berbasis digital yang dihadirkan antara lain iMATE Lounge, aplikasi travelin, Digital Airport Hotel, hingga juga fasilitas Skytrain, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, Bandara Soekarno-Hatta juga mencatatkan pencapaian lainnya pada tahun ini. Diantaranya, meraih penghargaan The 2021 Covid-19 Airport Excellence Awards sebagai bandara yang mampu menerapkan protokol kesehatan terbaik, protokol higienis terbaik, dan protokol keamanan terbaik di tengah pandemi Covid-19.

Skytrax menyatakan penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi bandara yang mampu memberikan standar tertinggi di dunia terkait sistem kebersihan, social distancing, dan langkah-langkah keamanan lainnya untuk melindungi pelanggan dari Covid-19.

Pengukuran dilakukan terhadap area papan petunjuk informasi COVID-19, kewajiban penggunaan masker, tersedianya hand sanitizer, penanda social distancing, kewajiban penerapan social distancing termasuk di area makan, prosedur kebersihan/higienis di protokol keamanan, social distancing di area keamanan atau imigrasi, kebersihan terminal dan kebersihan kamar kecil/toilet.

“Kami sangat berterima kasih kepada para pelanggan atau penumpang pesawat yang menilai Bandara Soekarno-Hatta telah dengan baik menerapkan protokol kesehatan dan memperhatikan aspek higienis. Apresiasi ini menjadi penyemangat bagi AP II dan seluruh stakeholder untuk semakin erat di tengah pandemi ini memastikan operasional Bandara Soekarno-Hatta dapat selalu dibuka 24 jam setiap hari menjaga konektivitas udara nasional dan menjalankan peran sebagai pintu utama Indonesia,” ujar Muhammad Awaluddin.

Protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta juga diperkuat dengan dibukanya Airport Health Center yang menyediakan tes Covid-19 dan Pusat Vaksin bagi seluruh penumpang pesawat. Selain itu, AP II juga menerapkan konsep Biosafety dan Biosecurity Management guna melindungi seluruh pekerja, pengunjung bandara dan penumpang pesawat dari Covid-19.

Pencapaian ketiga bagi Bandara Soekarno-Hatta adalah meraih penghargaan Top 10 Best Airport Staff in Asia 2021. Penghargaan ini diberikan atas penilaian pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan staf front-line di bandara, mengukur sikap, keramahan, dan efisiensi.

Staf front-line termasuk di antaranya adalah petugas layanan customer service atau konter informasi, staf imigrasi, staf keamanan, retail, food & beverages, dan staf lainnya yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

“Pada 2021, Bandara Soekarno-Hatta kembali meraih penghargaan Best Airport Staff in Asia setelah sebelumnya penghargaan ini diraih pada 2019. Kami sangat bersyukur memiliki staf terbaik di sektor kebandarudaraan nasional, yang meski berada di tengah pandemi ini tetap dapat memberikan upaya terbaik bagi pelanggan,” jelas Muhammad Awaluddin.

Kemudian, pencapaian keempat bagi Bandara Soekarno-Hatta pada Skytrax World Airport Awards 2021 adalah berhasil berada di peringkat 6 terbaik dunia pada World’s Best Airport by Passenger Number 2021 kategori 20-25 juta penumpang per tahun. Muhammad Awaluddin menuturkan penghargaan dari Skytrax ini menunjukkan bahwa Bandara Soekarno-Hatta masuk 10 besar sebagai bandara terbaik di dunia untuk kategori pergerakan penumpang 20-25 juta penumpang per tahunnya.

Sebagai informasi, Skytrax World Airport Awards 2021 merupakan ajang bergengsi kelas dunia yang memberikan penghargaan bagi bandara-bandara terbaik di dunia berdasarkan survei dengan responden yang terlibat berasal lebih dari 100 negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura ii
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top