Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Susun Katalog Barang dan Jasa, SKK Migas Targetkan Peningkatan TKDN

Indonesia Oil & Gas 4.0 sendiri memang menjadikan TKDN sebagai salah satu target serta pilar utama dalam rencana dan strategi peningkatan hulu migas dalam negeri.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 26 Juli 2021  |  11:20 WIB
Susun Katalog Barang dan Jasa, SKK Migas Targetkan Peningkatan TKDN
Ilustrasi Blok Migas. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan pertumbuhan tingkat kandungan dalam negeri atau TKDN  di sektor hulu migas dalam negeri melalui penyusunan katalog.

Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas Erwin Suryadi mengatakan bahwa katalog untuk seluruh pengadaan barang/jasa sektor hulu migas akan mendukung keberhasilan penerapan TKDN kegiatan hulu migas.

Indonesia Oil & Gas 4.0 sendiri memang menjadikan TKDN sebagai salah satu target serta pilar utama dalam rencana dan strategi peningkatan hulu migas dalam negeri.

“Mengapa katalog dan updating-nya menjadi penting, karena TKDN telah menjadi salah satu KPI utama SKK Migas. Setelah capaian target produksi dan efisiensi cost recovery, target berikutnya adalah upaya untuk terus meningkatkan TKDN,” katanya, Senin (26/7/2021).

Seperti diketahui, SKK Migas mendapatkan dukungan dari 20 asosiasi yang bergerak di sektor hulu migas dalam menyusun katalog barang dan jasa.

20 asosiasi yang dilibatkan tersebut adalah AFABI, APCI, API, APITINDO, APMI, APROKIP, APROPIPE, APPAI, APPCI, APWI, GAPENRI, GAPIGA, GUSPENMIGAS, HAKINDO, IISIA, INPEMIGAS, INSA, IPERINDO, PEPSINDO dan PROA.

Erwin menjelaskan, katalog yang disusun bersama asosiasi itu diharapkan mampu meningkatkan aspek transparansi, waktu proses pengadaan, ketersediaan barang/jasa, kemampuan penyedia barang/jasa yang dibutuhkan hulu migas serta informasi harga persatuan yang dapat diakses secara terbuka oleh seluruh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Selain itu, katalog yang disusun akan menyediakan data kemampuan perusahaan penyedia barang/jasa di dalam negeri sampai dengan biaya per satuan unit yang akan digunakan sebagai acuan pengadaan barang dan jasa KKKS.

SKK Migas menargetkan pembuatan dan updating katalog barang/jasa hulu migas itu dapat diselesaikan pada September 2021, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi fungsi operasi dan perencanaan data mengevaluasi WP&B 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

skk migas hulu migas
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top