Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Penjelasan Pemerintah soal Operasional Industri saat PPKM

Pemerintah tidak memberi relaksasi khusus terhadap operasional industri atau pabrik yang telah melakukan vaksinasi terhadap seluruh pekerjanya.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 21 Juli 2021  |  21:27 WIB
Ini Penjelasan Pemerintah soal Operasional Industri saat PPKM
Pekerja menyelesaikan pembuatan perangkat alat elektronik rumah tangga di PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/8/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menyebutkan operasional industri manufaktur telah diatur dengan Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian.

Aktivitas pada industri berorientasi ekspor juga dipastikan terus didorong demi menghindari risiko kehilangan pasar.

“Khusus industri sudah diatur dalam IOMKI Kementerian Perindustrian, tentu ini menyesuaikan dengan IOMKI dan di sana protokol kesehatan sudah jelas. Untuk yang berorientasi ekspor tentu kami akan terus dorong karena kewajiban. Selain itu ada risiko kehilangan pasar,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Rabu (21/7/2021).

Airlangga juga mengatakan pemerintah tidak memberi relaksasi khusus terhadap operasional industri atau pabrik yang telah melakukan vaksinasi terhadap seluruh pekerjanya. Dia mengatakan vaksinasi merupakan upaya menyeluruh yang menjangkau masyarakat secara luas untuk mencapai kekebalan komunitas tanpa melihat klaster.

“Vaksinasi dan penyebaran tidak hanya di industri. Sifat industri bukan klaster terpisah dari masyarakat, targetnya tetap herd immunity. Bagaimanapun ketika pekerja sudah divaksin dan kembali ke lingkungannya yang belum semua divaksinasi, efek ping-pong itu selalu ada,” paparnya.

Sebelumnya, pelaku usaha di dalam negeri berharap pemerintah dapat memberi izin operasional penuh terhadap industri manufaktur yang bersifat kritikal, esensial, atau berorientasi ekspor, seiring dengan berlanjutnya kebijakan PPKM.

Pengusaha berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan memastikan vaksinasi pekerja dilaksanakan dengan cepat untuk menjamin keamanan. 

“Saat ini kami telah menjalankan semua ketentuan pemerintah. [Karena itu] Kami mengajukan bagaimana pentingnya melihat bagaimana ekonomi tetap berjalan, terutama manufaktur yang sifatnya sektor kritikal, esensial dan berorientasi ekspor. Jangan sampai pasar kita diambil negara lain jika kita tidak bisa memenuhi permintaan. Kami merekomendasikan sektor-sektor ini untuk bisa beroperasi 100 persen,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapasitas produksi Covid-19 PPKM Darurat
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top