Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKP Terima 20 Notifikasi dari China terkait Produk Terpapar Covid-19

BKIPM telah melakukan penangguhan internal terhadap 14 UPI eksportir produk perikanan dan meminta mereka untuk melakukan pengendalian paparan Covid-19.
Ilustrasi nelayan mengumpulkan tangkapan ikan
Ilustrasi nelayan mengumpulkan tangkapan ikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan menerima 20 notifikasi produk perikanan Indonesia yang teridentifikasi positif Covid-19. 

"Kami menerima 20 notifikasi yang berasal dari 14 UPI [Unit Pengolahan Ikan] terkait temuan ini," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), dikutip dari keterangan resminya, Selasa (15/6/2021).

Menurutnya, Pusat Pengendalian Mutu BKIPM telah melakukan penangguhan internal terhadap 14 UPI eksportir produk perikanan dan meminta mereka untuk melakukan pengendalian paparan Covid-19 pada seluruh rantai kegiatan produksi hulu-hilir, termasuk terhadap pekerja.

Indonesia melalui BKIPM KKP juga telah melakukan harmonisasi dengan pihak otoritas China  (General Administration of Custom the people's Republik of China/GACC) tentang notifikasi produk perikanan yang positif Covid-19 melalui pertemuan bilateral yang telah dilakukan sebanyak 9 kali.

Rina mengatakan terdapat 10 negara yang melakukan protes terhadap tindakan China terkait impor produk perikanan melalui WTO (World Trade Organization).

Kendati demikian, Indonesia memilih pendekatan bilateral untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga produk perikanan Indonesia bisa tetap diekspor ke China.

Dalam pertemuan bilateral, BKIPM pun meminta klarifikasi teknis terhadap paparan Covid-19 kepada GACC. Hal ini dikarenakan baik produk, kemasan, peralatan proses dan pekerja telah diuji Covid-19 dan dinyatakan negatif.

"Kita berkomunikasi terutama terkait metode pengujian Covid-19 yang dilakukan pihak GACC, sehingga diharapkan hasil uji dapat dipertanggunjawabkan oleh kedua belah pihak [Indonesia dan China]," urai Rina.

Langkah lain yang juga ditempuh ialah konsolidasi terhadap metode pengujian yang sesuai, bersama dengan beberapa laboratorium untuk melakukan pengujian Covid-19. Rina mendorong seluruh pekerja di UPI yang melakukan ekspor untuk dimasukkan dalam target prioritas program vaksinasi.

"Mengingat pentingnya industri perikanan yang bisa menjadi pengungkit ekonomi dan market share kita ke Tiongkok, kita pastikan bahwa KKP khususnya BKIPM akan berbuat semaksimal mungkin," tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper