Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AP I Genjot Pendapatan Lewat Momen Kejuaraan Balap

AP I memanfaatkan momentum sejumlah kejuaraan balap internasional dengan menjalin kerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia untuk menggenjot pendapatan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  18:33 WIB
Petugas di Bandara Internasional Ahmad Yani sedang memandu pesawat yang hendak parrkir di tengah hujan lebat. - Istimewa
Petugas di Bandara Internasional Ahmad Yani sedang memandu pesawat yang hendak parrkir di tengah hujan lebat. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I bakal menggenjot pendapatan dari sport tourism sejalan dengan adanya penyelenggaraan kejuaraan balap internasional pada tahun ini dan 2022.

Langkah ini dilakukan melalui dua anak perusahaan AP I yakni PT Angkasa Pura Hotel dan PT Angkasa Pura Logistik, menandatangani nota kesepahaman dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mendukung automotive-sport tourism.

Berdasarkan data IMI, pada 2021 ini, di Indonesia akan diselenggarakan dua kali kejuaraan balap internasional, yaitu FIM World Superbike Championship di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 12-14 November 2021 dan Kejuaraan Dunia Motocross-MXGP di kawasan Borobudur, Jawa Tengah pada 28 November 2021, dilanjutkan di Jembrana, Bali pada 5 Desember 2021.

Adapun, pada Maret 2022, Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Direncanakan juga menjadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022 dan World Rally Championship (WRC) 2023, di Medan, Sumatera Utara.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan kerja sama ini sesuai dengan strategi perusahaan dalam mendukung kebangkitan pariwisata daerah melalui berbagai rencana kegiaran yang diadakan pada masa adaptasi kebiasaan baru, termasuk perhelatan kejuaraan otomotif tingkat nasional dan internasional yang didiukung oleh IMI.

"Penandatanganan dua nota kesepahaman ini merupakan landasan awal untuk melakukan kerja sama lebih lanjut terkait pemanfaatan layanan yang dimiliki Angkasa Pura Hotel dan Angkasa Pura Logistik oleh Ikatan Motor Indonesia. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini akan mendukung automotive-sport tourism melalui rencana penyelenggaraan event otomotif tingkat nasional dan internasional di Indonesia dan berbagai kegiatan IMI lainnya," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (9/6/2021).

Lingkup nota kesepahaman Angkasa Pura Hotel dengan Ikatan Motor Indonesia meliputi penggunaan fasilitas yang dimiliki Angkasa Pura Hotel seperti hotel, lounge (Concordia Lounge), food and beverages, Premium Airport Special Service (PASS), dan travel management (layanan tiket dan akomodasi) untuk anggota, atlet, dan yayasan yang dikelola IMI.

Sementara itu, nota kesepahaman Angkasa Pura Logistik dengan Ikatan Motor Indonesia meliputi pengangkutan, penyimpanan, dan pengurusan kepabeanan kendaraan bermotor, suku cadang, bahan-bahan pendukung bagi pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor untuk keperluan olahraga prestasi otomotif dan kegiatan pariwisata otomotif (baik melalui darat, laut, dan udara).

"Angkasa Pura I memiliki kapasitas dan kualitas untuk memberikan hospitality, sehingga bisa mengembangkan bandara sebagai pusat pengembangan ekonomi daerah. Khususnya, kepada para atlet internasional yang akan bertanding dalam berbagai kejuaraan di Indonesia," tekannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top