Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Per Maret 2021, 3.472 Pelanggan PLN Sudah Pasang PLTS Atap

Pengguna PLTS atap sampai saat ini masih didominasi oleh pelanggan golongan rumah tangga yang jumlahnya mencapai 2.902 pelanggan dengan kapasitas 7,4 MWp.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  15:50 WIB
PLTS atap terpasang di sebuah gedung di Denpasar, Bali. - Bisnis/Feri Kristianto
PLTS atap terpasang di sebuah gedung di Denpasar, Bali. - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat jumlah pengguna pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap PT PLN (Persero) sampai dengan kuartal I/2021 telah mencapai 3.472 pelanggan.

Jumlah tersebut tumbuh 486,49 persen sejak regulasi pemanfaatan PLTS atap, yakni Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 49 Tahun 2018, diluncurkan pada November 2018. Sebelum diterbitkannya regulasi PLTS atap tersebut, jumlah pengguna PLTS atap hanya mencapai 592 pelanggan sampai dengan November 2018.

"PLTS atap sampai Maret 2021 sudah terpasang 3.472 pelanggan dengan kapasitas 26,51 megawatt peak (MWp)," ujar Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM Chrisnawan Anditya dalam sebuah webinar, Rabu (9/6/2021).

Chrisnawan mengatakan bahwa pengguna PLTS atap sampai saat ini masih didominasi oleh pelanggan golongan rumah tangga yang jumlahnya mencapai 2.902 pelanggan dengan kapasitas 7,4 MWp. Namun dari sisi kapasitas, kontribusi yang terbesar berasal dari pelanggan golongan industri, yakni sebesar 8,3 MWp dengan jumlah pengguna sebanyak 20 pelanggan.

Dari sisi sebaran wilayah, kapasitas PLTS atap paling besar berada di Jawa Barat. Kemudian disusul oleh DKI Jakarta, Jawa Tengah dan DIY, Jawa Timur, Banten, Bali, dan Lampung.

Guna mendukung pengembangan PLTS atap, Kementerian ESDM saat ini tengah merampungkan revisi Permen ESDM Nomor 49 Tahun 2018

"Kementerian ESDM tengah memfinalisasikan rancangan Permen ESDM PLTS atap untuk mendorong pengembangan PLTS atap dengan memberikan iklim pengembangan PLTS yang lebih baik," kata Chrisnawan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN plts
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top