Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DKI Bakal Uji Coba Road Bike Sudirman - M.H. Thamrin, Catat Jadwalnya

Pelaksanaan uji coba tersebut dilakukan tanpa penerapan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas jalan.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 06 Juni 2021  |  13:38 WIB
Pesepeda memacu kecepatannya di jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (9/5/2021). - Antara
Pesepeda memacu kecepatannya di jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (9/5/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan Uji Coba kegiatan Road Bike di ruas jalan Jenderal Sudirman - M.H. Thamrin mulai besok, 7 Juni 2021.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 11 Juni 2021 dari pukul 05.00 sampai dengan 06.30 WIB. 

"Pada pelaksanaannya nanti, seluruh peserta uji coba kegiatan road bike diimbau berada pada lajur jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Sementara bagi kendaraan bermotor untuk tidak menggunakan lajur yang digunakan sebagai lintasan road bike," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (6/6/2021).

Dia menegaskan pelaksanaan uji coba tersebut dilakukan tanpa penerapan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas jalan. Seluruh peserta uji coba kegiatan road bike yang masih berada di ruas jalan Jenderal Sudirman - M.H. Thamrin setelah pukul 06.30 WIB, agar menggunakan jalur sepeda terproteksi yang telah tersedia.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Tetap patuhi rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan utamakan keselamatan selama di jalan," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan bersepeda sebagai kegiatan keseharian masyarakat. Tidak hanya untuk berolahraga di akhir pekan, Menhub berharap gaya hidup masyarakat menggunakan sepeda yang bersambung dengan penggunaan angkutan umum massal dapat lebih masif dilakukan.

“Bersepeda harus menjadi suatu kegiatan keseharian kita, karena dengan bersepeda kita bisa semakin sehat dan sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Kami harapkan sepeda dapat digunakan lebih masif lagi sebagai first miles dan last miles menuju simpul-simpul transportasi publik,” tutur Budi.

Lebih lanjut Budi mengungkapkan, sejumlah upaya telah dilakukan Kemenhub untuk menjadikan kegiatan sepeda menjadi alat transportasi sehari-hari masyarakat Indonesia yang dapat digunakan dengan selamat, aman, dan nyaman.

Salah satunya yaitu, penyediaan jalur sepeda di 6 kota/kab diantaranya Surakarta, Purworejo, Salatiga, Klaten, Magelang dan Palembang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta jalur sepeda
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top