Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Didatangi Jokowi, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Operasi 2022

Jokowi berharap Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa terintegrasi dengan LRT dan MRT di Jakarta.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  12:50 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Rel Listrik Lintas Yogyakarta/Solo di Stasiun Yogyakarta, DIY, Senin 1 Maret 2021 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Rel Listrik Lintas Yogyakarta/Solo di Stasiun Yogyakarta, DIY, Senin 1 Maret 2021 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yakni di Terowongan 1 yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Ini terowongan satu-satunya yang menggunakan TBM [tunnel boring machine] sama seperti di MRT Jakarta. Tapi, TBM-nya ukurannya dobel, ini 13,19 meter dan terbesar yang pernah beroperasi di Indonesia,” kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021).

Direktur Manajemen Proyek PT KCIC Allan Tandiono mengatakan bahwa Tunnel #1 atau Terowongan 1 sepanjang 1,8 kilometer adalah yang paling dekat dengan Jakarta.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa saat ini 8 dari 13 terowongan kereta cepat sudah tembus dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Dengan progres pembangunan mencapai 73 persen, kata Allan, target pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada akhir 2022 diharapkan bisa tercapai.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi berharap Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa terintegrasi dengan LRT dan MRT di Jakarta.

“Sehingga ada efisiensi waktu, kecepatan, sehingga ini menjadi sebuah daya saing atau competitiveness bagi negara kita untuk bersaing dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Dia juga berharap dalam proyek ini juga terjadi transfer pengetahuan dan teknologi bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Kereta Cepat proyek kereta cepat jakarta-bandung
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top