Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Ditarget Tinggi, Ekonom CORE Ingatkan Faktor Risikonya

Ekonomi di kuartal II/2021 akan kembali positif pada kisaran pertumbuhan yang tinggi. Namun, pemerintah tetap harus berhati-hati dengan risiko ini.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 06 Mei 2021  |  13:23 WIB
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (9/2/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (9/2/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2021 akan mencapai 7,8 persen sejalan dengan perbaikan yang positif di kuartal I/2021.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyampaikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua 2021 memang diperkirakan akan tumbuh positif, namun tidak seoptimis proyeksi pemerintah.

Pasalnya, menurut Piter, faktor risiko pandemi Covid-19 masih besar, mengingat banyak negara-negara di dunia memasuki gelombang kedua, bahkan gelombang ketiga pandemi, yang berdampak besar terhadap perekonomian.

“Berharap iya, tapi kita harus korting, jangan sampai nanti kita salah dalam memproyeksikan karena faktor risiko masih besar,” katanya

Karena itu, Piter menilai kebijakan pemerintah untuk melarang mudik di momentum Idulfitri merupakan langkah yang tepat saat ini karena pengendalian kasus Covid-19 akan sangat menentukan proses pemulihan ekonomi nasional.

Outlook perekonomian Indonesia ke depan baik, pemulihan ekonomi nasional on track, tetapi yang harus diingat masih ada risiko,” jelasnya.

Pada Rabu (5/5/2021), Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih mengalami kontraksi sebesar -,74 persen secara tahunan. Meski masih terkontraksi, tren pertumbuhan ekonomi ini membaik jika dibandingkan dengan kuartal-kuartal sebelumnya.

Piter pun beranggapan, ekonomi Indonesia mengalami perbaikan yang konsisten. Karena itu, dia memperkirakan ekonomi di kuartal II/2021 akan kembali positif pada kisaran pertumbuhan yang tinggi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi ekonomi indonesia
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top