Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permudah Calon Penumpang Bandara El-Tari Siapkan Genose C-19

Bandara El Tari Kupang kini menyediakan GeNose C-19 sebagai fasilitas penunjang untuk Calon Penumpang Pesawat Udara
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 29 April 2021  |  09:06 WIB
Foto: dok. PT Angkasa Pura I
Foto: dok. PT Angkasa Pura I

Bisnis.com, KUPANG - Sebagai HUB penerbangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur Bandara El Tari Kupang menambah fasilitas penunjang untuk Calon Penumpang Pesawat Udara yang akan berangkat maupun penumpang transit yaitu dengan menyediakan GeNose C-19 di Area parkir kendaraan roda 4 (empat) Bandara El Tari Kupang.

Penyediaan sarana tes Covid19 menggunakan GeNose C-19 bekerjasama dengan Laboraturium Klinik ASA ini merupakan tindaklanjut atas dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan nomor: PM 13 tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442H dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442H.

Foto: dok. PT Angkasa Pura I 

Peraturan dimaksud memperbolehkan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri melakukan mobilitas dengan syarat wajib menunjukan Surat Keterangan hasil negatif tes RT-PCR/rapid test antigen yang samplenya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan, atau Surat Keterangan hasil negatif GeNose C19 di Bandar Udara sebelum keberangkatan, dengan demikian PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara El tari Kupang memandang perlu untuk menyediakan layanan tes GeNose C19 di Bandara bagi Calon Penumpang yang berangkat di hari yang sama saat melaksanakan tes Covid-19.

“Penyediaan layanan GeNose C19 diharapkan dapat mempermudah Calon Penumpang untuk melaksanakan perjalanan menggunakan pesawat udara, dengan mekanisme tes yang lebih cepat hanya dengan waktu 10 menit penumpang sudah mendapatkan hasil tes, dan apabila dinyatakan Negatif maka penumpang dapat melanjutkan perjalanan saat itu juga. Tempat yang sangat strategis ini calon penumpang tidak perlu repot-repot untuk pergi melaksanakan tes sehari sebelumnya, cukup datang 3-4 jam lebih awal sebelum keberangkatan” ujar Iwan Novi General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara El Tari Kupang.

Selain datang 3-4 jam lebih awal sebelum keberangkatan, Calon Penumpang sebelum pengambilan sample wajib memperhatikan bahwa sample diambil pada hari yang sama dengan tiket yang dimiliki, Calon Penumpang dalam Kondisi Sehat, Calon Penumpang tidak boleh merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) 30 menit sebelum pengambilan sample, dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antar individu.

Tata Cara pengambilan sampel tes GeNose C19 yang perlu diperhatikan adalah Pastikan Calon Penumpang tidak merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) 30 menit sebelum pengambilan sample, menarik nafas dan hembuskan nafas dilakukan sebanyak 2 kali, kemudian pada saat tarikan nafas ketiga hembuskan nafas ke Kantong GeNose C19 yang telah disediakan.

Jam Operasional tes GeNose C19 di Bandara El Tari Kupang adalah Pukul 07.00 – 14.00 WITA dengan biaya tes Rp. 50.000 dan juga terdapat RT-PCR/rapid test antigen dengan biaya Rp. 150.000.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi angkasa pura i Protokol Pencegahan Covid-19 Genose
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top