Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Kedua Ramadan, Penumpang KA di Stasiun Gambir & Senen Normal

Volume penumpang kereta di Stasiun Pasar Senen dan Gambir di jakarta tetap normal memasuki pekan kedua Ramadan.
Penumpang menunggu kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada Minggu (18/4/2021)./Antara
Penumpang menunggu kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada Minggu (18/4/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta belum melihat adanya lonjakan jumlah penumpang kereta jarak jauh di Stasiun Gambir dan Pasar Senen memasuki pekan kedua Ramadan ini.

Kahumas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan untuk keberangkatan pengguna jasa dari wilayah Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Pasar Senen dan Gambir pekan ini terpantau normal atau tidak terjadi lonjakan. Jumlah perjalanan kereta api (KA) yang beroperasi tetap sama dengan pekan sebelumnya.

"Sebagai contoh untuk hari ini terdapat 15 KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan rata- rata volume berdasarkan data pemesanan tiket sementara pukul 10.00 WIB terdapat sekitar 3.100 penumpang," ujarnya melalui keterangan tertulis pada Sabtu (24/4/2021).

Sementara itu, untuk Stasiun Gambir terdapat 13 KA berangkat dengan rata-rata volume berdasarkan data pemesanan tiket sementara pukul 10.00 WIB yakni sekitar 1.800 penumpang. Jumlah perjalanan dan volume rata-rata penumpang berangkat pada pekan ini sama dengan pekan sebelumnya.

PT KAI, lanjutnya, terus mengedepankan protokol kesehatan secara konsisten. Sebagai bentuk dukungan penuh, sejumlah aturan yang diterapkan pada perjalanan KA juga mengacu pada kebijakan pemerintah, salah satunya pembatasan kapasitas volume penumpang maksimal 70 persen di setiap rangkaian serta kewajiban para calon pengguna memiliki berkas pemeriksaan deteksi Covid-19 dengan hasil negatif.

Terkait dengan hasil pemeriksaan negatif Covid-19 itu, dia menyebut bahwa mulai saat ini masa berlaku hasil tes bebas covid-19 RT-PCR dan Antigen untuk persyaratan naik kereta api jarak jauh (KAJJ) yang sebelumnya berlaku 3 x 24 jam sebelum keberangkatan menjadi maksimal 1 x 24 jam.

"Adapun untuk hasil negatif GeNose C19 masa berlaku tetap 1 x 24 jam. Aturan tersebut mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal penanganan pencegahan Covid-19," tambahnya.

Mengingat perubahan kebijakan tersebut, dia mengimbau pengguna yang akan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dapat mengatur waktu perjalanannya dengan baik. Jika memilih melakukan Tes GeNose atau Rapid Antigen di stasiun, jangan melakukan proses tersebut pada jam yang berdekatan dengan waktu keberangkatan.

Dia menjelaskan di wilayah Daop 1 Jakarta terdapat tiga stasiun yang memiliki layanan pemeriksaan Covid-19 untuk penumpang KA di antaranya Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang memiliki layanan GeNose Test dan Rapid Antigen.

Satu lainnya adalah Stasiun Bekasi dengan layanan yang tersedia GeNose Test. Adapun jam operasional layanan di sStasiun setiap hari mulai pukul 07.00 WIB s.d 19.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper