Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buka Hannover Messe 2021, Jokowi: Tema Transformasi Teknologi Sangat Relevan

Kepala Negara menilai transformasi teknologi yang mendukung tercapainya Industri 4.0 menjadi modal penting menuju Indonesia Emas pada 2045.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 12 April 2021  |  19:46 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan terkait polemik impor beras melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden  -  Youtube
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan terkait polemik impor beras melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa tema Hannover Messe 2021 yakni Transformasi Teknologi sangat relevan pada masa pandemi Covid-19 dan penting di masa mendatang.

“Transformasi teknologi yang menciptakan momentum, bukan saja membawa dunia keluar dari pandemi namun sekaligus melakukan lompatan besar ke depan,” ujarnya saat pembukaan Hannover Messe, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut, Kepala Negara menilai transformasi teknologi yang mendukung tercapainya Industri 4.0 menjadi modal penting menuju Indonesia Emas pada 2045.

Jokowi juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia menjadi negara tercepat di Asia Tenggara dalam menerapkan ekonomi digital dan industri 4.0 Pasalnya, Indonesia memiliki start up sekitar 2.193 kelima terbesar di dunia. 

“Indonesia memiliki lima unicorn dan Indonesia bahkan telah memiliki satu decacorn,” ujarnya.

Ke depan, kata Presiden, industri ini akan berkontribusi pada PDB Indonesia sekitar US$133 miliar pada 2025. 

Kemudian, dengan dukungan 185 juta penduduk yang memiliki akses internet atau terbesar keempat di dunia, kemajuan industri 4.0 akan menjadikan Tanah Air kasuk Top 10 Economy Global  pada 2030. 

Seperti diberitakan sebelumnya, terdapat tujuh sektor industri yang didorong sebagai fokus prioritas pada Making Indonesia 4.0, yaitu industri makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, kimia, elektronika, farmasi, serta alat kesehatan. 

Ketujuh sektor ini dipilih karena dapat memberikan kontribusi sebesar 70 persen dari total PDB manufaktur, 65 persen ekspor manufaktur, dan 60 persen pekerja industri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi manufaktur Hannover Messe 2021
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top