Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Otoparts Pamer Pabrik Futuristik di Hannover Messe 2021

Dalam ajang Hannove Messe 2021, perusahaan serta lembaga yang menjadi peserta menampilkan inovasi dan prinsip-prinsip yang berhasil mendukung transformasi teknologi menuju industri 4.0.
Ilustrasi. /astra.co.id
Ilustrasi. /astra.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra Otoparts Tbk. sebagai co-exhibitor Hannover Messe 2021: Digital Edition hasil kurasi Kementerian Perindustrian memamerkan transformasi digital melalui Workshop for Industrial Equipment (WINTEQ) yang merupakan divisi yang bergerak dalam bidang solusi engineering.

Chief Operating Officer WINTEQ, Donny NovandaHal mengatakan transformasi digital ini guna membangun daya saing di dunia manufaktur, khususnya bagi Grup Astra Otoparts.

“Inisial solusi engineering dimulai dengan produk Special Purpose Machinery,” ujar Donny melalui siaran pers, Jumat (16/4/2021).

Sebagai informasi, dalam ajang Hannove Messe 2021, perusahaan serta lembaga yang menjadi peserta menampilkan inovasi dan prinsip-prinsip yang berhasil mendukung transformasi teknologi menuju industri 4.0.

WINTEQ adalah sebuah gagasan yang menginisiasi Integrated Automation System untuk memenuhi kebutuhan produk berkualitas yang dihasilkan secara efisien. Di sisi lain, penerapan sistem otomasi ini berimbas kepada bergesernya kompetensi para engineer di perusahaan. Kebutuhan untuk berinteraksi dengan teknologi yang relatif baru memerlukan infrastruktur Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten.

Alhasil, solusi otomasi yang diberikan harus disertai edukasi yang cukup bagi para engineer pengguna produk otomasi. Oleh karena itu, WINTEQ membekali engineer-nya dengan Technical Training Program.

Selain itu, WINTEQ juga mengembangkan penerapan pabrik futuristik atau Smart Factory. Proyek ini dimulai melalui berbagai pilot project yang memanfaatkan teknologi secara spesifik untuk memecahkan masalah yang ada di proses produksi, seperti shop floor production system yang membantu proses pengambilan keputusan produksi secara langsung dan cepat dengan bantuan teknologi internet of things.

Melalui pengambilan keputusan yang cepat, maka hambatan-hambatan yang mengurangi produktivitas di lantai produksi dapat diketahui secara realtime dan diatasi dengan segera, sehingga mampu meningkatkan produktivitas.

Hingga 2020, WINTEQ telah menghasilkan lebih dari 1.500 produk, yang terdiri dari implementasi Special Purpose Machinery, Integrated Automation System, dan SMART Factory.

“Dengan inovasi teknologi yang tepat guna, WINTEQ berkontribusi dalam pembuatan produk yang digunakan di berbagai industri dalam rangka transformasi digital untuk mewujudkan industri 4.0,” ujar Donny.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan pada Hannover Messe 2021, WINTEQ memamerkan aplikasi teknologi digital yang sudah diterapkan di anak perusahaan Grup Astra Otoparts. 

Perusahaan ini, menurutnya, masuk dalam tema Global Business and Market dan menampilkan produk-produk berkualitas yang diproduksi melalui penerapan teknologi Industri 4.0.

Taufiek menambahkan, WINTEQ selama ini telah menjadi konsultan teknik dan mitra yang dipilih Kemeperin untuk menunjukkan kompetensi dan kapabilitas industri komponen di Indonesia dalam menerapkan teknologi Industri 4.0. 

“Kami mengharapkan, partisipasi WINTEQ dalam Hannover Messe 2021 dapat semakin mendukung pengembangan teknologi bagi perusahaan tersebut, serta membuka peluang bisnis dengan mitra dari mancanegara,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ipak Ayu
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper