Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saudia Airlines Layani Jemaah Haji Pakai Boeing 777-300

Saudia Airlines menggunakan pesawat Boeing 777-300 untuk melayani jemaah haji asal Indonesia pada pelaksanaan tahun ini.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 06 April 2021  |  19:45 WIB
Jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Surabaya berjalan menuju pesawat di Bandara Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (28/7). - ANTARA/Umarul Faruq
Jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Surabaya berjalan menuju pesawat di Bandara Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (28/7). - ANTARA/Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA - Saudia Airlines sebagai salah satu maskapai yang telah ditunjuk untuk memberangkatkan jemaah haji Indonesia telah menyiapkan sebanyak 33 pesawat tipe Boeing 777-300.

Manajemen melalui keterangan resmi yang dibacakan dalam rapat bersama dengan Komisi VIII DPR pada Selasa (6/4/2021) menjelaskan dalam pelaksanaan haji tahun ini 1.442 H sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia akan menggunakan Boeing 777-300. Berbeda dengan pada 2019, Saudia Airlines menggunakan Boeing 747.

“Saudia Airlines siap untuk melayani haji 2021 yang dikelola oleh Kemenag. Saudia airlines akan mengeluarkan armada sebanyak 33 unit yang akan didaftarkan ke Kementerian Perhubungan [Kemenhub],” ujar perwakilan Saudia Airlines di DPR, Selasa (6/4/2021).

Adapun embarkasi yang bakal dilayani Saudi adalah Batam, Kertajati, Surabaya dan sebagian dari Lampung melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Sejauh ini Saudia Airlines telah memiliki hubungan kerja sama dengan pelaksana penanganan darat atau ground handling di seluruh Indonesia dan Arab Saudi untuk melayani penerbangan. Termasuk juga Saudia telah menjalin kerja sama dengan perusahaan katering di embarkasi Indonesia dan Saudi dalam menyediakan makanan bagi penumpang di pesawat selama perjalanan.

“Kami juga menyampaikan bahwa Saudia Airlines telah memiliki Standar Operasional Procedure [SOP] untuk pelayanan jamaah haji sesuai dengan prosedur kesehatan [prokes] Covid-19,” tekan perwakilan tersebut.

Sebelumnya dalam pelaksanaan haji 2019 lalu, terdapat dua maskapai penerbangan yang akan mengangkut jemaah haji Indonesia pergi pulang. Garuda Indonesia akan mengangkut jemaah haji asal embarkasi Aceh, Medan, Padang, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Lombok, dan sebagian Jakarta-Pondok Gede.

Selama pelaksanaan haji 2019 Saudia melayani 245 kelompok terbang (kloter) yang terdiri atas Jakarta 112 kloter, Surabaya 85 kloter, Batam 29 kloter, dan Palembang 19 kloter. Pada 7 Juli 2019, Saudia memulai penerbangan pertamanya dari kloter Jawa Barat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Madinah Almunawarah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top