Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Era Pandemi, Pemerintah Jaga 40 Persen Masyarakat Terbawah Terhindar Malnutrisi

Untuk keperluan jangka panjang, pemerintah meluncurkan program ketahanan pangan nasional yang memberi dukungan terhadap pasokan rantai makanan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 April 2021  |  11:50 WIB
Menjelang Natal dan pergantian tahun, harga bahan pokok di pasar tradisional di Balikpapan mulai naik. - Bisnis.com/Fariz Fadhillah
Menjelang Natal dan pergantian tahun, harga bahan pokok di pasar tradisional di Balikpapan mulai naik. - Bisnis.com/Fariz Fadhillah

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa ketahanan pangan dan keamanan nutrisi seluruh masyarakat Indonesia merupakan isu yang akan terus menjadi perhatian pemerintah.

“Terlebih di masa pandemi, pemerintah berupaya menjaga agar 40 persen masyarakat terbawah tidak mengalami malnutrisi,” katanya melalui akun resmi Instragram, Sabtu (3/4/2021).

Sri menjelaskan bahwa berbagai bentuk bantuan sosial selama pandemi mengalir. Tidak hanya diperluas jangkauannya, tapi juga diperbesar jumlahnya.

Untuk keperluan jangka panjang, pemerintah meluncurkan program ketahanan pangan nasional yang memberi dukungan terhadap pasokan rantai makanan, seperti penyediaan peralatan mesin pertanian dan peningkatan produktivitas lahan.

Program tersebut tentu membutuhkan pendanaan yang sangat besar. Oleh karena itu, tambah Sri, pemerintah tidak sendirian.

Sebanyak 60 persen dari kebutuhan anggaran tersebut disediakan dari anggaran pemerintah yang berasal dari penerimaan pajak, sedangkan kebutuhan yang lain akan didukung oleh sektor swasta.

“Untuk meningkatkan partisipasi swasta ini maka pemerintah melakukan perbaikan iklim investasi yang melalui UU Cipta Kerja. Dengan berbagai usaha ini, diharapkan Indonesia dapat menangani masalah ketahanan pangan dan keamanan nutrisi dengan baik,” terangnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkeu sri mulyani ketahanan pangan
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top