Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Mantan PM Jepang Fukuda, Menperin Dorong Investasi

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menunjukkan investasi Jepang di Indonesia mencapai US$2,6 miliar sepanjang 2020.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. /Kementerian Perindustrian
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. /Kementerian Perindustrian

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memaparkan kemudahan peluang investasi di Indonesia ketika menggelar pertemuan dengan Ketua Japan Indonesia Association (Japinda) sekaligus mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda.

Japinda merupakan lembaga yang berperan meningkatkan kerja sama antara Jepang dan Indonesia.

“Dalam pertemuan tersebut, kami menyampaikan bahwa pengesahan Undang-undang Cipta Kerja mendorong reformasi regulasi yang mendukung peningkatan investasi termasuk dari Jepang,” ujarnya, dikutip dari Antara, Sabtu (20/3/2021).

Terkait dengan peningkatan investasi, pertemuan ini pun digunakannya untuk membahas pengembangan industri metanol dan amonia.

Salah satu industri petrokimia terkemuka Jepang, Sojitz Corporation telah menyampaikan minatnya untuk memperluas investasi di Indonesia dengan berpartisipasi pada proyek hilirisasi industri berbasis gas di kawasan industri Teluk Bintuni, Papua Barat.

“Kami mendorong agar perusahaan asal Jepang tersebut juga mengembangkan industri metanol dan amonia sebagai bagian dari substitusi impor bahan baku,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Fukuda menyampaikan Indonesia memiliki potensi industri petrokimia yang besar dan mendukung agar perusahaan Jepang dapat berinvestasi di sektor pionir tersebut. Ia juga mengapresiasi kemudahan birokrasi untuk investasi di Indonesia.

Dengan meningkatnya peluang investasi bagi perusahaan asal Jepang sebagai hasil disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja, hubungan bilateral yang telah terbangun antara Indonesia-Jepang diharapkan akan makin kuat.

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menperin bertemu dengan prinsipal perusahaan-perusahaan otomotif di Indonesia asal Jepang untuk mendorong komitmen investasi dan perluasan pasar ekspor.

Hasilnya, terdapat sekitar Rp17 triliun investasi baru yang akan ditanamkan oleh sejumlah industri otomotif yang meliputi pengembangan model kendaraan baru serta perluasan pasar ekspor.

“Kami juga mendorong perusahaan-perusahan otomotif asal Jepang untuk melakukan ekspor mobil ke Australia dalam rangka mengoptimalkan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang telah berjalan,” jelas Agus.

Jepang merupakan salah satu mitra strategis Indonesia. Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menunjukkan sepanjang 2020, investasi Jepang di Indonesia mencapai US$2,6 miliar dengan total 8.817 proyek Jepang dilaksanakan di negara ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper