Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kembangkan Smart Grid, PLN Siapkan Capex Rp10-Rp50 Triliun

PT PLN (Persero) mengalokasikan dana sekitar Rp10-Rp50 triliun untuk mengembangkan jaringan listrik pintar atau smart grid.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 26 Februari 2021  |  18:49 WIB
Petugas mengecek kelistrikan di Gardu Induk Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Selasa (2/2/2021)  - ANTARA
Petugas mengecek kelistrikan di Gardu Induk Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Selasa (2/2/2021) - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA--PT PLN (Persero) mengalokasikan dana sekitar Rp10-Rp50 triliun untuk mengembangkan jaringan listrik pintar atau smart grid.

Direktur Perencanaan Koporat PLN Muhammad Ikbal Nur memaparkan bahwa pada tahap awal implementasi smart grid berfokus kepada keandalan, efisiensi, customer experience dan produktivitas grid dengan estimasi capex Rp10-Rp25 triliun.

Sedangkan tahap berikutnya berfokus kepada ketahanan (resiliency), customer engagement, sustainability, dan self healing dengan estimasi capex Rp30-Rp50 triliun.

"Pada 5 tahun ke depan ini, kami menganggarkan memang belum terlalu besar barangkali. Ini mudah-mudahan kita bisa lihat hasilnya pada 2024 dan 2025," ujar Ikbal dalam webinar Implementasi Smart Grid, Jumat (26/2/2021).

Pengembangan jaringan listrik pintar dilakukan untuk menjawab isu-isu terkait transisi energi, yakni dekarbonisaso, digitalisasi, dan desentralisasi. Selain itu, sekaligus menjawab tantangan penyediaan tenaga listrik di Indonesia, meliputi efisiensi atau losses, keandalan, kemudahan, dan keberlanjutan.

"PLN terus melakukan pilot project untuk smart grid walaupun semua kami lakukan secara bertahap dan kami masih dalam rangka pembelajaran bagaimana kami membuat sebuah piloting yang lebih besar dan lebih berdampak ke konsumen PLN," katanya.

Sejalan dengan program transformasi PLN, sebagian inisiatif program transformasi juga terkait pengembanganjaringan listrik pintar, antara lain digitalisasi pembangkit, e-mobility, digitalisasi T&D, micro grids (de-dieselisasi), PLN mobile, dan lain-lain.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smart grid jaringan listrik
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top