Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei 99 Group : Banyak Juga Warga Surabaya Ingin Tinggal di Jakarta

Hasil survei Rumah123.com, bagian dari 99 Group yang berbasis di Singapura, menunjukkan bahwa ada warga Surabaya, Jawa timur, yang ingin bertempat tinggal di Jakarta, Tangerang, dan Depok.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  20:40 WIB
Penampakan Kota Surabaya, Jawa Timur, dari udara. Sekitar 91.5 persen warganya sudah nyaman bertempat tinggal di sana, tetapi ada pula yang ingin pindah ke Jakarta, Tangerang, dan Depok./Antara - M. Agung Rajasa
Penampakan Kota Surabaya, Jawa Timur, dari udara. Sekitar 91.5 persen warganya sudah nyaman bertempat tinggal di sana, tetapi ada pula yang ingin pindah ke Jakarta, Tangerang, dan Depok./Antara - M. Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – Lokasi menjadi pilihan utama dalam memilih sebuah hunian selain pertimbangan harga.

Country Manager 99 Group Indonesia Maria Herawati Manik mengatakan warga yang saat ini domilisi tempat tinggal di Bandung lebih cenderung memilih atau mencari lokasi rumah baru berada di Bandung atau sebesar 92,6 persen.

"Sisanya, memilih di Bogor 1,2 persen, Jakarta Barat 1,2 persen, Jakarta Pusat 1,2 persen, Jakarta Timur 1,2 persen, Surabaya 1,2 persen dan Tangerang 1,2 persen," ujarnya dalam webinar pada Rabu (24/2/2021) yang diselenggarakan Rumah123.com, bagian dari 99 Group yang berbasis di Singapura.

Sementara itu, warga yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur, juga lebih memilih untuk mencari rumah baru di lokasi yang sama yakni Surabaya sebesar 91,5 persen. Yang unik, sisanya memilih rumah nun jauh di Jakarta Utara 3,4 persen, Tangerang Selatan 3,4 persen, dan Depok 1,7 persen.

Hal serupa juga terjadi pada warga domisili Karawang yang sebesar 80 persen cenderung memilih lokasi rumah di Karawang, sedangkan sisanya 20 persen memilih di Bandung.

Untuk warga yang domisili Cikarang juga sebesar 82,3 persen cenderung memilih lokasi rumah yang sama yakni di Cikarang, sedangkan sebesar 16,7 persen memilih lokasi Jakarta Selatan.

Untuk Jabodetabek, warga yang bertempat tinggal Bekasi yang cenderung memilih Bekasi sebagai lokasi rumah sekitar 63,4 persen, sisanya memilih Jakarta Timur 9,7 persen, Jakarta Selatan, Bogor, dan Tangerang Selatan yang masing-masing 4,3 persen, Jakarta Pusat, Cikarang, Depok yang masing-masing 3,2 persen, Bandung 2,2 persen, dan Karawang serta Tangerang Selatan yang masing-masing 1,1 persen.

Lalu untuk orang Depok masih mencintai kotanya sebagai tempat tinggal dengan angka 62,3 persen. Banyak juga orang Depok yang ingin tinggal di Bogor yakni sekitar 18,9 persen, sedangkan yang ingin tinggal di Tangerang Selatan berjumlah 9,4 persen.

"Untuk orang Jakarta lebih cenderung memilih Jakarta Barat sebagai tempat tinggal sebanyak 17,9 persen, lalu Jakarta Selatan 17,2 persen, Jakarta Timur 13,1 persen, Jakarta Pusat 9,0 persen, dan Jakarta Utara 5,2 persen," kata Maria.

Untuk warga Tangerang lebih memilih untuk tinggal di Tangerang sebanyak 65,8 persen dan sisanya 14,5 persen di Tangerang Selatan.

"Warga Tangerang Selatan sebesar 60 persenan memilih tetap tinggal di Tangerang Selatan, lalu 13 persen memilih di Tangerang," lanjut Maria.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti perumahan
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top