Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemangkasan PPN & BPHTB Sangat Membantu Bisnis Properti

AREBI menilai pemerintak sebaiknya merealisasikan pemangkasan PPN, PPh, dan BPHTB. Jika itu dilaksanakan, bisnis properti akan sangat terbantu.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  16:46 WIB
Perumahan di Jakarta./Bloomberg - Muhammad Fadli
Perumahan di Jakarta./Bloomberg - Muhammad Fadli

Bisnis.com, JAKARTA – AREBI berharap pemerintah segera merealisasikan pemangkasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), PPh (Pajak Penghasilan), dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Menurut Lukas Bong, Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI), kebijakan uang muka (down payment/DP) 0 persen memang merupakan stimulus yang berpotensi mengangkat pmbelian properti. Namun, akan lebih efektif lagi apabila hal itu disertai dengan pemangkasan PPN dan BPHTB.

“Terutama [pemangkasan] PPN. Itu akan sangat membantu bergeraknya bisnis properti. Juga [pemangkasan] PPh [Pajak Penghasilan,” ungkapnya pada Rabu (24/2/2021) dalam webinar prospek bisnis properti 2021 yang digelar Rumah123.com, bagian dari 99 Group.

Lukas menambahkan rentetan stimulus itu akan membantu bisnis properti kembali bergerak dan merupakan angin segar bagi pemulihan perekonomian.

Dia berpendapat sejumlah angin segar yang layak diharapkan terealisasi tahun ini juga mengakut pemberian vaksin Covid-19. Jika vaksinasi itu sukses, bisnis secara keseluruhan akan bergerak kembali.

Hal lain yang diharapkannya mendorong bisnis properti adalah penerapan Undang-Undang Cipta Kerja serta penurunan bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) yang terendah sepanjang sejarah yakni 3,5 persen.

“Semua itu menjadi angin segar bagi bisa properti agar dapat bangkit kembali pada tahun ini, ungkap Lukas Bong.

Mengenai jenis properti yang bakal memiliki kinerja terbaik pada 20221 ini, dia menyebutkan rumah tapak serta unit apartemen siap huni, bukan yang masih dalam proses pembangunan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti arebi
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top