Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Program Vaksinasi Gotong Royong Vital Bagi PDB, Ini Alasannya

Keterlibatan swasta dalam melakukan vaksinasi sangat berpengaruh bagi pemulihan dunia usaha dan pertumbuhan ekonomi.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 21 Februari 2021  |  20:59 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19./Antara - Hafidz Mubarak
Ilustrasi vaksinasi Covid-19./Antara - Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA -- Ekonom Universitas Indonesia (UI) sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal Hastiadi menilai keterlibatan swasta dalam melakukan vaksinasi atau Vaksinasi Gotong Royong sangat berpengaruh bagi pemulihan dunia usaha dan pertumbuhan ekonomi.

Menurut Fithra, dilaksanakannya vaksinasi di sektor swasta sangat berpengaruh lantaran program tersebut tertuju langsung kepada dunia usaha sehingga secara khusus pula memberikan perbaikan terhadap dunia usaha.

"Oleh karena itu, kehadiran program vaksinasi sektor swasta akan sangat urgen dalam menentukan keberhasilan pemerintah melakukan pemulihan ekonomi tahun ini. Kalau tidak dipercepat, perekonomian tidak akan bangkit," kata Fithra kepada Bisnis, Minggu (21/2/2021).

Program tersebut, lanjutnya, juga menjadi pilar penting dalam upaya pemerintah memberikan vaksinasi secara masif, yang dinilai menjadi engsel bagi pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

Dia menambahkan Indonesia memiliki tiga skenario pertumbuhan ekonomi pada 2021 yaitu berkisar antara 3,8 persen untuk skenario pesimistis, 4,4 persen untuk skenario moderat, dan 6,2 persen untuk skenario optimistis.

Sementara itu, lanjutnya, kegagalan dalam menjalankan program vaksinasi, terutama jika berjalan tidak sesuai dengan waktu yang sudah direncanakan, akan mencegah perekonomian Tanah Air mencapai pertumbuhan rata-rata seperti pada masa sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Dengan demikian, kontribusi sektor swasta melalui program Vaksinasi Gotong Royong pun menjadi sangat penting mengingat gentingnya situasi serta vitalnya pemberian vaksin secara massal.

Sebagai informasi, pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong hampir dipastikan tidak dapat terlaksana sesuai dengan perkiraan awal, yakni Maret 2021. Sejauh ini, pemerintah masih menyusun regulasi terkait dengan program tersebut.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan untuk Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi memperkirakan proses penyusunan regulasi yang masih dilakukan pemerintah belum akan rampung dalam waktu dekat, dan pelaksanaan pada Maret 2021 dinilai tidak mungkin terealisasi.

Program tersebut, ujarnya, baru akan dilaksanakan paling cepat akhir April 2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi Covid-19
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top