Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indeks Keyakinan Konsumen Turun di Januari 2021, Kondisi Ekonomi Jadi Faktor X

Penurunan IKK pada Januari terutama disebabkan oleh melemahnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 08 Februari 2021  |  12:11 WIB
suasana di salah satu super market di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
suasana di salah satu super market di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Konsumen melaporkan perbaikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tertahan pada Januari 2021.

BI mencatat, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Januari 2021 sebesar 84,9, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang sebesar 96,5.

“Penurunan IKK pada Januari terutama disebabkan oleh melemahnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang,” tulis BI dalam laporannya, Senin (8/2/2021).

Penurunan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan yang akan datang tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat turun menjadi 106,7, dari bulan sebelumnya 124,3.

Sementara, Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) masih berada pada level pesimis dan terpantau menurun dari 68,6 pada Desember 2020 menjadi 63,0.

Perkembangan tersebut disebabkan oleh perkiraan terhadap ekspansi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja, dan penghasilan ke depan yang tidak sekuat pada bulan sebelumnya.

Adapun, menurunnya Indeks Keyakinan Konsumen pada Januari 2021 terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp2, Rp1-4 juta per bulan.

Dari sisi usia, penurunan IKK terjadi pada mayoritas kelompok usia responden, terutama pada responden berusia 51-60 tahun.

Sementara secara spasial, penurunan keyakinan konsumen pada Januari 2021 terjadi di 14 kota survei, dengan penurunan terdalam di Surabaya -37,3 poin, diikuti Bandung -21,8 poin, dan Mataram -20,1 poin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia ekonomi indonesia indeks keyakinan konsumen
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top