Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Kawasan Food Estate Kalteng Segera Panen Raya

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kalimantan Tengah sedang menyiapkan panen raya di kawasan pengembangan food estate, khususnya di kawasan Center of Excellent Pulang Pisau.
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat meninjau kawasan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, awal Juli 2020./Instagram-Prabowo
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat meninjau kawasan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, awal Juli 2020./Instagram-Prabowo

Bisnis.com, JAKARTA - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kalimantan Tengah sedang menyiapkan panen raya di kawasan pengembangan food estate, khususnya di kawasan Center of Excellent Pulang Pisau.

"Kami sedang menyiapkan panen raya yang direncanakan pada pekan pertama Februari, sekitar 200-250 hektare," kata Kepala BPTP Kalteng Dr Syamsuddin melalui Koordinator Teknis Kawasan Food Estate Susilawati di Palangka Raya, seperti dikutip Antara, Jumat (29/1/2021).

Terkait rencana panen raya tersebut, pihaknya pun sudah melihat kondisi lahan dan pertanaman, sehingga memang benar-benar siap dilakukan dalam waktu dekat.

Produktivitas dari hasil-hasil yang digali di lapangan sangat beragam, namun pada prinsipnya didapatkan produksi 4-6 ton per hektare. Produktivitas yang cukup bagus seperti menggunakan varietas Inpari 42 dan beberapa lainnya.

Semua itu berdasarkan pengakuan riil para petani yang telah melakukan panen maupun penampilan tanaman di lapangan.

Hasil pertanaman padi milik Taufik dilaporkan memperoleh hasil 5,6 ton per hektare. Jika mengacu luas lahan maka angka tersebut untuk luas hanya sekitar angka panen sesungguhnya mencapai 6,4 ton/hektare, karena poligon lahan yang disebut petani dua hektare per persil sesungguhnya hanya sekitar 1,75 hektare.

"Terkait jadwal yang dimajukan lebih awal sekitar 2-4 pekan, karena sesuai kalender tanam curah hujan cukup untuk tanam," tambahnya.

Kondisi kemarau basah dimanfaatkan untuk mempercepat waktu tanam, mengingat tanaman padi sangat perlu air yang cukup untuk pertumbuhan.

Selain itu karena ada isu kerawanan pangan akibat pandemi Covid-19, sehingga secara nasional hingga tingkat bawah dilakukan upaya percepatan gerakan tanam.

Terkait kendala, pihaknya menjelaskan dari awal pengawalan pertanian ini cukup ketat, namun faktor iklim khususnya angin di Pulang Pisau jauh lebih kencang dibandingkan dengan wilayah lainnya, sehingga dapat mengakibatkan tanaman roboh.

"Namun kembali kami sampaikan kenapa roboh, ini juga turut dipengaruhi faktor kebiasaan petani, mereka tidak melakukan tanam pindah. Kami merekomendasikan tanam pindah, namun kebiasaan petani adalah tanam tabur atau dilarik," ungkapnya.

Tanam tabur atau larikan ini secara perakaran tidak sekokoh jika dibandingkan tanam pindah. Nyatanya hal ini juga sudah disampaikan salah satu ketua kelompok tani di lapangan dan mengakui tanaman dengan tanam pindah memang lebih tahan.

"Selanjutnya saat tanaman roboh sebagian petani umumnya memanen dengan kondisi seadanya, atau tanaman dalam kondisi hijau, dan belum matang maksimal atau matang fungsional, berada 85-95 persen, sehingga hasil dari gabah tidak akan maksimal karena berada pada posisi hampa atau ringan saat dikeringkan, dan secara langsung akan menurunkan nilai timbang atau produktivitasnya," jelas dia.

Kemudian beberapa hamparan, ia menjabarkan nilai positif dari pelaksanaan ini selain target produksi sudah dapat diperoleh, juga kemampuan di kawasan ini menghasilkan benih dengan varietas-varietas yang akan disertifikasi dan nantinya disebarluaskan pengembangan kawasan berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper