Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri PUPR Ingatkan Soal Estetika Renovasi Sarinah

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan agar diperhatikan kualitas pondasi dan tiang gedung lama dalam pekerjaan renovasi untuk menjamin keamanan bangunan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Januari 2021  |  21:50 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi penemuan relief bersejarah di salah satu ruangan di gedung Sarinah, Jakarta Pusat  -  Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi penemuan relief bersejarah di salah satu ruangan di gedung Sarinah, Jakarta Pusat - Dok. Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan agar estetika bangunan dalam renovasi Sarinah lebih diperhatikan.

"Agar juga lebih diperhatikan hasil estetika bangunannya," ujarnya seperti dikutip melalui Antara, Jumat (29/1/2021).

Basuki berpesan agar diperhatikan kualitas pondasi dan tiang gedung lama dalam pekerjaan renovasi untuk menjamin keamanan bangunan.

Sebagai bentuk transformasi, Gedung Sarinah akan mengubah konsep desain menara dan podium kepada bentuk aslinya. Namun, secara fungsi gedung itu dirancang sebagai smart dan green building yang dilengkapi dengan tempat area berkumpul dan penyediaan co-working space yang modern.

Direktur Operasi III PT Wijaya Karya Sugeng Rochadi mengatakan pihak kontraktor telah menggandeng tim independen dari beberapa tenaga ahli untuk untuk memastikan keamanan bangunan sebelum direnovasi,

“Setelah dilakukan pengujian struktur bangunan yang mengacu kepada SNI terbaru, maka baru masuk tahap renovasi/rekondisi. Dalam pekerjaan di lapangan ada beberapa perkuatan, baik itu pondasi maupun struktur kolom penyangga,” jelasnya.

Dia menambahkan karena ini salah satu cagar budaya maka bentuk bangunan asli termasuk karya seni rupa patung relief akan dijaga keasliannya.

“Transformasi Gedung Sarinah ini bertujuan untuk membangun Sarinah dengan dimensi gaya lama dengan menjaga keasliannya namun dengan estetika kekinian agar menjadi ikon ke depannya,” imbuhnya.

Ditargetkan proses renovasi keseluruhan Gedung Sarinah yang telah dimulai sejak akhir Juli 2020 akan selesai pada November 2021. Proses pemugaran tersebut diperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp700 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN sarinah basuki hadimuljono

Sumber : Antara

Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top