Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revitalisasi Kota Lama Semarang Raih Gold Winner FIABCI-REI Awards

Revitalisasi Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, mendapatkan Gold Winner untuk kategori Heritage FIABCI Indonesia - REI Excellence Awards 2020.
Penyerahan penghargaan FIABCI Indonesia - REI Excellence Awards 2020 untuk Revitalisasi Kota Lama Semarang./Istimewa
Penyerahan penghargaan FIABCI Indonesia - REI Excellence Awards 2020 untuk Revitalisasi Kota Lama Semarang./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Proses peremajaan atau revitalisasi Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Federasi Realestat Dunia (FIABCI) Chapter Indonesia dan Asosiasi Realestat Indonesia (REI).

Melalui ajang kompetisi tingkat nasional untuk peraihan penghargaan FIABCI Indonesia - REI Excellence Awards 2020, proyek ini pun keluar sebagai Gold Winner untuk kategori Heritage.

Upacara penyerahan trophy FIABCI Indonesia - REI Excellence Awards 2020 kepada Pemerintah Kota Semarang dilakukan secara hybrid daring dan luring pada Senin (25/1/2021). 

Trofi tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Badan Diklat DPP REI yang juga Ketua BPO DPD REI Jawa Tengah M.R. Priyanto kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Dalam sambutannya, yang disampaikan  secara daring melalui aplikasi zoom Presiden FIABCI Indonesia, Budiarsa Sastrawinata mengucapkan selamat kepada Pemkot Semarang yang melalui program revitalisasi Situs Kota Lama Semarang telah berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang properti di Indonesia untuk kategori Heritage.

“Penganugerahan penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menuju kompetisi internasional yakni FIABCI Prix d’Excellence Award 2021, di mana seluruh pemenang FIABCI Indonesia - REI Excellence Award 2020 diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk maju ke tingkat internasional dan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” tutur Budiarsa yang juga Managing Director di Ciputra Group.

Budiarsa menambahkan bahwa penghargaan ini akan menjadi ranah tidak hanya untuk proyek para pengembang, namun juga untuk karya-karya properti terbaik anak bangsa lainnya termasuk pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian yang tinggi terhadap pengembangan industri properti termasuk pelestarian gedung-gedung cagar budaya.

Dia juga mendorong pemerintah daerah lainnya untuk mengikuti upaya Pemkot Semarang untuk lebih memperhatikan pelestarian gedung-gedung bersejarah dan cagar budaya di daerahnya masing-masing.

“Penghargaan seperti ini sangat diperlukan sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku usaha di bidang properti dan pemerintah daerah untuk menghasilkan karya dan program yang berkualitas dalam mendorong investasi,” tambah Budiarsa.

Lebih lanjut dikatakan bahwa properti adalah salah satu sektor penting yang memengaruhi industri turunan lainnya sehingga perlu terus didorong guna mendukung pemulihan ekonomi nasional yang sedang digencarkan oleh pemerintah saat ini. Salah satunya, menurut Budiarsa, yakni melalui pemberian apresiasi seperti FIABCI Indonesia-REI Excellence Awards ini.

Sementara itu, Ketua Panitia FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020 Meiko Handojo mengemukakan bahwa syarat-syarat penjurian dan penilaian kompetisi ini seluruhnya mengacu kepada kriteria FIABCI Prix d’Excellence Awards.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ajang penganugerahan ini untuk pertama kalinya dilakukan secara daring karena pandemi virus Covid 19. Namun, semua ini tidak mengurangi apresiasi kita atas karya-karya properti terbaik anak bangsa,” ujar Meiko.

Seleksi pemenang sudah dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari para pakar di bidang arsitektur, perencana kota, dan juga unsur pemerintahan sejak awal September 2020 dengan mengacu pada 15 kategori internasional dan satu kategori lokal yakni perumahan masyarakat berpendapatan rendah (MBR).

Total telah tersaring 97 proyek untuk 16 kategori, dengan tata laksana penjurian yang dilakukan dengan online scoring dan online meeting.

Adapun anggota tim juri FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020 terdiri dari antara lain Doddy Tjahjadi (Managing Director PTI Architects/Ketua Tim Juri), Iwan Prijanto (Ketua Umum GBCI Council Indonesia),  M. Hidayat  (Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian PUPR), Hendricus Andy Simarmata (Ketua Umum IAP), dan Wicaksono Sarosa (Director & Chief Knowledge Worker of Ruang Waktu Knowledge HUB).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan rasa bangga dan senang atas prestasi yang telah diraih oleh Pemkot Semarang.

Menurutnya, keberhasilan Kota Lama Semarang untuk meraih penghargaan kategori Heritage dalam ajang kompetisi FIABCI Indonesia-REI Excellence Awards 2020 ini disebabkan adanya konsep gerak bersama yang melibatkan semua pemangku kepentingan di masyarakat dalam proses peremajaan kawasan kota lama tersebut.

“Kami menggerakkan semua elemen masyarakat yang berkomitmen menjadikan Kota Semarang menjadi lebih baik. Dengan konsep bergerak bersama, tendangannya menjadi lebih kuat, sehingga anugerah dari FIABCI dan REI ini dapat diraih,” ujar Wali Kota.

Dia yakin dengan diperolehnya FIABCI Indonesia - REI Excellence Awards 2020, akan ada lebih banyak pihak yang mau berkontribusi untuk mengembangkan situs kawasan Kota Lama Semarang di masa mendatang. Hal ini sejalan dengan tujuan Pemkot Semarang yang ingin menjadikan kawasan kota lama tersebut sebagai destinasi wisata dunia.

"Masih banyak yang ingin kami lakukan. Mungkin nanti setelah kondisi lebih baik, kami juga akan mengajak REI untuk ikut berinvestasi di Kota Lama Semarang," kata Hendrar.

Program revitalisasi Kota Lama Semarang dimulai pada 2012 yang diawali dengan penandatanganan Piagam Komitmen Kota Pusaka di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta. 

Setahun kemudian, dalam upaya mengatasi rob dan banjir yang kerap melanda kawasan Kota Lama Semarang, dicanangkanlah proyek penanganan banjir di Kota Semarang senilai Rp1,7 triliun. Pada tahun itu pula, masalah banjir telah dapat teratasi.

Pada Maret 2016 Hendrar mereformasi Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) dengan melantik pengurus baru.

BPK2L kemudian menjadi penghubung antara Pemkot Semarang dengan seluruh pemilik gedung di Kota Lama Semarang untuk mendiskusikan rencana terbaik untuk pembangunan kawasan tersebut. Koordinasi dan komunikasi yang baik kini menghasilkan wajah baru untuk Kota Lama Semarang yang lebih asri dan rapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper