Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gurita dari Luwuk Banggai Jangkau Pasar Meksiko

BKIPM terus mendorong pemangku kebijakan terkait untuk bersinergi dalam kegiatan ekspor langsung dari daerah produksi ke negara tujuan.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  09:15 WIB
Pelepasan ekspor langsung 1 kontainer gurita (Octopus Sp) ke Meksiko. - istimewa
Pelepasan ekspor langsung 1 kontainer gurita (Octopus Sp) ke Meksiko. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah melepas ekspor langsung 1 kontainer gurita (Octopus Sp) ke Meksiko. 

"Kita patut berbangga, gurita ini produk hasil perikanan Kabupaten Banggai bisa diekspor ke Meksiko," kata Kepala BKIPM Rina, dikutip dari keterangan resminya, Rabu (20/1/2021).

Rina menjelaskan pelepasan tersebut berlangsung Senin (18/1/2021) dan dikemas dengan tema "Menembus Batas Tatanan Normal Baru dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional." Volume gurita yang diekspor sebanyak 20.500 kilogram senilai Rp1,1 miliar.

"Semoga kegiatan ini menjadi trigger untuk ekspor selanjutnya dari Kabupaten Banggai dan daerah di sekitarnya," ujarnya.

Selama 2020, produk kelautan dan perikanan Indonesia telah menjangkau 157 negara. Selain itu, sebanyak 2.191 unit pengolah ikan (UPI) telah terdaftar ke negara mitra pada 2020.

BKIPM pun terus mendorong pemangku kebijakan terkait untuk bersinergi dalam kegiatan ekspor langsung dari daerah produksi ke negara tujuan.

BKIPM mencatat berhasil menginisiasi dan mendorong 4 direct call atau ekspor langsung dari daerah ke negara tujuan pada tahun lalu.

Pertama adalah ekspor langsung dari Manado ke Jepang. Rina mengemukakan ekspor langsung ini terwujud berkat sinergi antara BKIPM Manado, Bea Cukai Manado, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dan Angkasa Pura. Ekspor langsung kedua adalah dari Manokwari ke Singapura yang diluncurkan pada 20 Oktober 2020.

Ketiga adalah ekspor dari Bandara Udara Mutiara Sis Aljufri, Palu ke Jepang. Terakhir adalah eksspor langsung dari Ambon-Manado-Jepang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kkp ekspor perikanan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top