Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lion Air Gagal Mendarat di Pontianak, Ini Kabar Terkininya

Grup maskapai milik Rusdi Kirana tersebut mengatakan telah meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Lion Air lainnya tidak terganggu.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 14 Januari 2021  |  22:12 WIB
Penumpang maskapai Lion Air menuju pesawat di Bandara Supadio Pontianak (ANTARA - Dedi)
Penumpang maskapai Lion Air menuju pesawat di Bandara Supadio Pontianak (ANTARA - Dedi)

Bisnis.com, JAKARTA – Penerbangan Lion Air JT-684 pada Rabu (13/1/2021) rute Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK) tujuan Pontianak melalui Bandar Udara Internasional Supadio di Kubu Raya, Kalimantan Barat (PNK) berhasil mendarat pada 17.53 WIB. 

Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan dalam penerbangan ini, Lion Air membawa 7 awak pesawat, 132 penumpang dewasa, 3 anak-anak dan dua balita. Pesawat lepas landas pukul 12.40 WIB dan diperkirakan tiba pada 13.30 WIB.

Namun, kata dia, pada saat mendekati Bandar Udara Internasional Supadio, pilot mendapat informasi dari petugas pengatur lalu lintas udara mengenai perubahan kondisi cuaca yang kurang baik (bad weather).

Kemudian, dengan pertimbangan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan dikarenakan jarak pandang pendek yang tidak memenuhi persyaratan keamanan pendaratan, pilot memutuskan melakukan pengalihan pendaratan (divert) di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam Kepulauan Riau (BTH).

“Lion Air penerbangan JT-684 mendarat pukul 15.15 WIB. Setelah mendapatkan informasi bahwa jarak pandang di Bandar Udara Internasional Supadio sudah memenuhi kualifikasi lepas landas dan mendarat, maka Lion Air mempersiapkan kembali penerbangan ke Pontianak menggunakan nomor JT-684D,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (14/1/2021).

Selanjutnya, kata Danang, Lion Air penerbangan JT-684D mengudara dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim pukul  16.18 WIB dan sudah mendarat di Bandar Udara Internasional Supadio pada 17.53 WIB.

Grup maskapai milik Rusdi Kirana tersebut mengatakan telah meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Lion Air lainnya tidak terganggu.

“Penerbangan JT-684 dipersiapkan secara baik. Pesawat yang dioperasikan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOR sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan [pre-flight check] dan dinyatakan laik [airworthy for flight],” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lion air keselamatan penerbangan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top