Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dukung UMKM, Ini 3 Strategi BI Perkuat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Berikut ini tiga kunci mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  12:42 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Kamis (9/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Kamis (9/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) memaparkan tiga kunci utama dalam memperkuat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Hal ini disampaikannya dalam acara Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Senin (11/1/2021).

Kunci yang pertama, kata Perry, yaitu sinergi berbagai pemangku kepentingan dalam mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) unggulan di masing-masing daerah untuk meningkatkan kualitas produk dan memperluas pasar.

“Kedua, kreativitas dalam menghasilkan karya-karya kreatif yang dapat menarik pasar baik di dalam maupun luar negeri,” katanya.

Selain itu, kuncci ketiga yaitu digitalisasi, baik dalam perluasan pasar (on boarding), pengelolaan usaha, maupun sistem pembayaran.

Perry menyampaikan dalam mendukung kesuksesan Gernas BBI pada 2021, BI melalui 46 kantor perwakilan di daerah akan terus bersinergi mendukung tercapainya 30 juta UMKM terhubung dengan ekosistem digital pada tahun 2023 dengan berperan sebagai movement leader melalui berbagai program kreatif yang mengedepankan digitalisasi UMKM.

Peran tersebut dilakukan antara lain dengan memastikan produk UMKM dalam BBI terjaga kualitas dan kuantitasnya melalui program kurasi, menyelenggarakan berbagai kegiatan baik secara luring maupun daring, memperluas target merchant pengguna QRIS hingga 12 juta merchant pada 2021, dan mengkampanyekan Gernas BBI melalui berbagai kegiatan.

Adapun, sepanjang 2020 BI mencatat terjadi peningkayan jumlah mercchant pengguna QRIS hingga mencapai 5,8 juta mercchant dengan 84 persen di antaranya merupakan usaha berskala mikro dan kecil.

Ke depan, Perry mengatakan BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional, dengan bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia umkm produk indonesia
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top