Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ASDP Layani 1,61 Juta Orang saat Nataru, Didominasi Mobil Pribadi

ASDP Indonesia Ferry mencatat telah melayani 1,61 juta penumpang saat periode libur Nataru dengan tren penggunaan mobil pribadi yang masih mendominasi.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 03 Januari 2021  |  19:54 WIB
Sebuah Kapal Motor Penumpang (KMP) bermuatan kendaraan bermotor dan penumpang menyeberangi Sungai Kapuas di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (15/5/2019). - ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Sebuah Kapal Motor Penumpang (KMP) bermuatan kendaraan bermotor dan penumpang menyeberangi Sungai Kapuas di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (15/5/2019). - ANTARA/Jessica Helena Wuysang

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah sukses melayani sekitar 1,61 juta penumpang dan 453.000 unit kendaraan selama periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 mulai Kamis (18/12/2020) atau H-7 hingga Jumat (1/1/2021) atau H+7 di 10 lintasan terpantau khusus.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan realisasi produksi penumpang dan kendaraan mengalami penurunan signifikan dibandingkan tahun lalu seiring pandemi Covid-19, dimana sebagian besar masyarakat mematuhi aturan pemerintah untuk tetap berada di rumah, serta mengurangi perjalanan ataupun liburan pada hari raya.

Data Posko Pusat dari H-7 hingga H+7 mencatat dari 10 lintasan terpantau khusus pergerakan penumpang mencapai sekitar 1,61 juta orang atau turun 42 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 2,8 juta orang. Diikuti roda dua sebanyak 104.000 unit atau turun 44 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 186.000 unit, sedangkan untuk roda empat penumpang tercatat sebanyak 212.000 unit atau turun 29 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 301 ribu unit.

Total kendaraan mencapai 453.000 unit atau turun 30 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 644.000 unit kendaraan.

"Walau mengalami penurunan hingga 29 persen, kami lihat tren penggunaan mobil pribadi masih menjadi andalan pengguna jasa di tengah pandemi Covid-19. Khususnya di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk. Rata-rata pergerakan masyarakat di wilayah Sumatera, Jawa dan Bali yang semakin mudah dengan mengakses tol Trans Jawa dan Trans Sumatera membuat pergerakan via darat semakin cepat," ujarnya, Minggu (3/1/2020).

Dalam kesempatan ini, ASDP turut mengapresiasi kerjasama yang solid antara regulator dan operator penyeberangan, serta seluruh pengguna jasa penyeberangan sehingga layanan penyeberangan pada Angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan sehat.

Dia mengapresiasi seluruh pengguna jasa khususnya di lintasan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk yang telah mempersiapkan perjalanan dengan membeli tiket via daring Ferizy, sehingga mendapatkan pengalaman perjalanan feri yang mudah, cepat, aman dan nyaman baik saat berada di terminal maupun di kapal.

Shelvy menambahkan dengan pembelian tiket via online Ferizy dan penerapan kuota pada muatan penyeberangan yang dilayani, ASDP memastikan trafik penumpang dan kendaraan dapat terdistribusi dengan baik sehingga mampu meminimalisir antrian di pelabuhan baik selama arus berangkat dan balik pada layanan Nataru ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asdp
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top