Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kontainer Ekspor Masih Langka, Ini Saran Depo Kontainer

Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki) mengusulkan beberapa saran terkait dengan masalah kontainter ekspor yang langka di Tanah Air.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  13:53 WIB
Kegiatan Bongkar muat kontainer di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (8/9/2020). - Bisnis/Bobi Bani.
Kegiatan Bongkar muat kontainer di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (8/9/2020). - Bisnis/Bobi Bani.

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki) mengungkapkan kelangkaan kontainer 40 feet untuk kebutuhan ekspor harus dicarikan solusi melalui kesepakatan bersama antar perusahaan pelayaran agar dapat saling meminjam kontainer.

Ketua Umum DPP Asdeki Muslan AR menuturkan perlu ada kerja sama antar perusahaan pelayaran internasional untuk saling dapat menggunakan kontainernya antara pelayaran yang satu dengan pelayaran internasional lainnya.

"Dengan demikian, hal ini menjadikan kerja sama yang saling menguntungkan baik antar perusahaan pelayaran, para eksportir dan pemerintah. Kalau ini bisa dijalankan pasti biaya logistik akan bisa turun cukup signifikan," ujarnya, Rabu (23/12/2020).

Pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) paparnya, perlu segera mengeluarkan aturan mengenai standar internasional kelaikan kontainer. Adapun, aturan tersebut sebagai kelanjutan dari Revisi KM 53/2018.

Dia menjelaskan pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia yang juga berdampak terhadap terganggunya aktivitas ekspor dan impor karena belum stabilnya perekonomian dan perdagangan global maka aliran kontainer secara internasional ikut berpengaruh.

Selain itu, adanya perang dagangan internasional antara Amerika serikat dengan China. Dengan demikian, perusahaan pelayaran cenderung memilih pasar ke Amerika dan Eropa yang karena tarif freight lebih tinggi apabila dibandingkan dengan Inter Asia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kontainer logistik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top