Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Reshuffle Kabinet 2020, Harapan Maskapai untuk Menparekraf Baru

INACA berpendapat tugas utama Menparekraf yang baru ditunjuk dalam reshuffle kabinet 2020 adalah untuk mendatangkan kembali investasi di sektor pariwisata.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  18:49 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno. - istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menilai tantangan dan tugas baru Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru tidak terlepas dari pemulihan industri pariwisata serta mendatangkan kembali investasi di sektor ini.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja menilai dari sisi profil, terpilihnya Sandiaga S. Uno sudah sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo membangun destinasi wisata prioritas. Denon menggambarkan sosok Sandiaga yang banyak berkecimpung sebagai pebisnis memiliki kemampuan menarik investor di bidang pariwisata guna membangun daerah-daerah pariwisata.

“Mas Sandi dari background-nya keuangan dan bisnis yang dari harapan pemerintah untuk mengundang investor. Kalau banyak investasi di industri dan nilainya menarik kemudian tentu bisa memberikan rute pengembangan baru yang mulai terbuka buat industri penerbangan,” ujarnya, Selasa (22/12/2020).

Denon menegaskan sebagai Menparekraf yang baru, Sandiaga juga akan lebih mudah mengimplementasikan visi dari Presiden yang sudah jelas sangat mendukung pembangunan lima destinasi prioritas, di antaranya, Labuan Bajo, Likupang, Danau Toba, Mandalika, serta Borobudur.

Namun di sisi lain dia juga menyebutkan tantangan sebagai menteri yang baru memang tidak akan lepas dari mengendalikan industri pariwisata yang paling terdampak pandemi. Investor yang masuk ke sektor ini akan difokuskan memiliki kesepakatan bisnis yang menguntungkan dan mendukung pengembangan Indonesia.

“Tentunya memang pertama harus merecovery kondisi covid-19 . Sejauh ini visi era pak Jokowi cetak birunya jelas. Ada lima daerah unggulan. Jadi dari Wishnu Utama ke Sandiaga Uno sifatnya meneruskan aja dari visi Presiden. Artinya bukan berarti ganti menteri lalu visi Presiden harus ganti,” tekannya.

Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan perombakan kabinet Indonesia Maju Salah satu sosok yang diangkat adalah Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi inaca
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top