Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bappenas: Ini Sektor-Sektor yang Bakal Pulih Lebih Cepat di 2021

Sektor yang akan tumbuh semakin kuat tahun depan adalah saektor yang mampu bertahan di masa pandemi Covid-19 ini, di antaranya sektor farmasi, serta informasi dan komunikasi.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  15:54 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan perangkat alat elektronik rumah tangga di PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/8/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Pekerja menyelesaikan pembuatan perangkat alat elektronik rumah tangga di PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/8/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan proses pemulihan ekonomi yang terjadi pada 2021 akan berbeda antarsektor.

Menurut Amalia, sektor yang akan pulih lebih cepat pada tahun depan, salah satunya adalah sektor industri pengolahan, seiring dengan aktivitas ekonomi yang terus mengalami peningkatan.

Sementara itu, sektor yang akan tumbuh semakin kuat tahun depan adalah saektor yang mampu bertahan di masa pandemi Covid-19 ini, di antaranya sektor farmasi, serta informasi dan komunikasi.

Di sisi lain, Amalia mengatakan sektor yang diperkirakan akan lebih lama pulih, yaitu sektor transportasi dan pariwisata, yang mana diketahui kedua sektor tersebut mengalami pukulan yang sangat berat akibat dari pandemi Covid-19..

"Proses pemulihan akan berbeda antar sektor, sektor transportasi dan pariwisata akan pulih lebih lama, sementara sektor industri pengolahan akan pulih lebih baik," katanya," Selasa (22/12/2020).

Di samping itu, Amalia mengatakan pemulihan antarwilayah juga akan bervariasi, bergantung pada penanganan Covid-19 di daerah tersebut.

Oleh karena itu, imbuhnya, perlu menjadi catatan bagi pemerintah daerah untuk bisa mendorong sektor-sektor yang akan menjadi pengungkit perekonomian daerah dan memiliki multiplier effect terhadap sektor-sektor ekonomi lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bappenas industri pemulihan ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top