Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bappenas: Butuh Investasi Rp5.800 Triliun Agar Ekonomi Tumbuh 5 Persen di 2021

Untuk bisa mencapai pertumbuhan 5 persen sesuai target pada tahun depan, Bappenas menghitung total investasi yang dibutuhkan sebesar Rp5.817,3 triliun hingga Rp5.912,1 triliun pada 2021.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  15:34 WIB
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kisaran 4,5 hingga 5,5 persen, dengan titik tengah sebesar 5 persen pada 2021.

Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan dengan proyeksi tersebut, proses pemulihan yang akan terjadi di Indonesia diperkirakan akan berbentuk V.

Namun, Amalia mengatakan, untuk bisa mencapai pertumbuhan tersebut, dibutuhkan investasi sebesar Rp5.817,3 triliun hingga Rp5.912,1 triliun pada 2021.

"Di mana catatan kami untuk kebutuhan investasi ini sebagian besar akan dikontribusikan oleh sektor swasta," katanya, Selasa (22/12/2020).

Sementara itu, Amalia optimistis investasi pada tahun depan akan mengalami pemulihan dengan pertumbuhan 6,4 persen sehingga dapat memberikan kontibusi terhadap perekonomian sebesar 31,5 persen.

Dia juga memperkirakan nilai investasi untuk industri pengolahan, baik melalui penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN) akan mencapai Rp270 triliun.

"Tentunya akan sangat didukung dari impelemntasi UU Cipta Kerja, serta iklim ketenagakerjaan yang lebih kondusif terhadap investor," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi bappenas Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top