Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkeu Pastikan Subsidi Kuota Internet untuk Guru dan Siswa Lanjut di 2021

Subsidi ini dipakai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar jarak jauh selama pandemi. Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan subsidi ini tahun depan.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  13:34 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik 11 pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kementerian Keuangan, Senin (24/8/2020). Menteri Keuangan hadir secara virtual dalam pelantikan ini - Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik 11 pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kementerian Keuangan, Senin (24/8/2020). Menteri Keuangan hadir secara virtual dalam pelantikan ini - Kemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pemerintah akan melanjutkan subsidi kuota Internet bagi pelajar, mahasiswa, dan guru pada tahun depan.

“Pemerintah masih akan memberikan dukungan terhadap biaya Internet bagi murid, siswa, dan guru,” kata Sri Mulyani dalam Outlook Perekonomian Indonesia, Selasa (22/12/2020).

Tahun 2020, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp7,2 triliun untuk subsidi kuota Internet ini. Untuk tahun depan, Sri Mulyani tidak memaparkan besaran pastinya. Namun, dari APBN 2021, diketahui anggaran pendidikan mencapai Rp550 triliun.

Seperti diketahui, subsidi ini dipakai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar jarak jauh selama pandemi. Kuota data ini dibagi dua jenis, yakni kuota belajar dan kuota umum.

Bagian kuota umum bisa digunakan mengakses seluruh laman dan aplikasi, sementara kuota belajar hanya bisa dipergunakan mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang terdaftar pada kuota-belajar.kemdikbud.go.id. Dari data Kemendikbud, ada setidaknya 44 juta siswa, 8 juta mahasiswa, 3,3 juta guru dan 250.000 dosen yang mendaftar.

Adapun, rinciannya, subsidi kuota dialokasikan untuk peserta didik PAUD sebanyak 20 GB per bulan, peserta didik pendidikan dasar dan menengah sebesar 35 GB per bulan, guru di PAUD, pendidikan dasar dan menengah 42 GB per bulan, sementara mahasiswa dan dosen 50 GB persen bulan.

Dari total kuota itu, jatah kuota untuk akses aplikasi atau jatah kuota umumnya 5 GB per bulan dan sisanya adalah kuota belajar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

subsidi internet sri mulyani
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top